Monday, May 13, 2019

Tips Puasa Bagi Ibu Menyusui

Tips Puasa Bagi Ibu Menyusui - Selamat bergabung kembali bersama kami di website Kesehatan resmi yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar dunia kesehatan dan pengobatan herbal. Adapun pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan informasi mengenai tips puasa bagi ibu menyusui. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

Tips Puasa Bagi Ibu Menyusui


Bagi Anda para ibu yang masih dalam masa menyusui, pastinya akan bertanya-tanya apakah ikut berpuasa di bulan Ramadhan aman bagi ibu maupun bayi yang disusui? Karena pada saat berpuasa tubuh akan lebih banyak kehilangan cairan karena perubahan pola makan dan tidur.

Selain dalam masalah keamanan, Anda pastinya akan penasaran dengan dampak puasa terhadap produksi ASI serta kesehatan ibu dan bayi. Namun begitu Anda tidak perlu khawatir karena pada dasarnya puasa ataupun penurunan asupan kalori tidak akan memengaruhi produksi ASI. Jika pun terjadi penurunan berat badan saat berpuasa, kondisi ini hanya akan memengaruhi kandungan lemak dalam ASI saja dan bukan jumlahnya.

Berikut adalah tips puasa bagi ibu menyusui, diantaranya:

Mencegah Dehidrasi

Puasa bagi ibu menyusui memang tidak berbahaya. Tetapi yang membahayakan adalah dehidrasi saat menyusui. Jika ibu menyusui mengalami gejala dehidrasi, seperti merasa pusing, haus, lemah, lemas, mulut kering dan lainnya. Maka disarankan untuk segera membatalkan puasa dengan mengkonsumsi air atau cairan yang mengandung elektrolit untuk menghidrasi tubuh. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi cairan secukupnya ketika sahur dan berbuka untuk menggantikan cairan yang hilang saat berpuasa. Ibu menyusui juga disarankan untuk minum lebih banyak air pada saat sahur.

Perhatikan Asupan Saat Sahur

Sebelum menjalani ibadah puasa hingga adzan magrib berkumandang, pada umumnya umat muslim akan menjalani sahur terlebih dahulu. Pada saat sahur ini , sangat penying bagi Anda ibu menyusui untuk memperhatikan apa saja yang baik untuk dikonsumsi. Karena makanan dan cairan yang Anda konsumsi saat sahur merupakan cadangan nutrisi dan kalori selama menjalankan ibadah puasa. Adapun pemilihan makanan yang baik untuk ibu menyusui antara lain bayam, brokoli, telur, katuk, daging tanpa lemak, ikan salmon, dan kacang merah. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan suplemen vitamin D saat sahur yang dikenal bagus untuk ibu menyusui.

Persiapan dan Menjalani Puasa Selama Menyususi

Selain menyusui, Anda tentunya juga memiliki aktivtas lain seperti menjalankan tugas di rumah dan mungkin bekerja di kantor. Dan diusahakan selama berpuasa, Anda tidak melakukan aktivitas yang berat dan pastikan juga Anda berada ditempat yang teduh serta beristirahat yang cukup selama menjalani puada dan menyusui. Jikapun diperlukan, catat makanan dan minuman yang Anda konsumsi selama berpuasa. Hal ini dapat membantu mengukur nutrisi dan cairan yang Anda konsumsi.

Sebuah studi menunjukan bahwa selama berpuasa kandungan magnesium, potasium, dan zinc yang terkandung di dalam ASI dapat berkurang. Untuk memenuhi kembali asupan tersebut, Anda bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung ketiga nutrisi tersebut atau mungkin Anda juga bisa menambahkan suplemen. 

Selain memperhatikan beberapa tips diatas, ibu menyusui juga harus ingat jika ingin menjalankan puasa, selalu perhatikan cairan yang Anda konsumsi. Karena menyusui dapat membuat Anda dehidrasi akibat dari kehilangan cairan tubuh. Pastikan Anda meminum air secukupnya dan jika perlu tambahkan cairan yang mengandung elektrolit dan ion untuk mempercepat penggantian cairan tubuh yang hilang.

Itulah informasi mengenai tips puasa bagi ibu menyusui. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tips Puasa Bagi Ibu Menyusui Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment