Friday, July 26, 2019

Cara Mengatasi Sakit Kepala Akibat Menatap Layar Komputer

Apakah kamu salah satu orang yang bekerja di depan komputer setiap harinya? Dan tahukah kamu jika ternyata melihat layar komputer terlalu lama dapat menyebabkan sakit kepala. Hal ini tentu akan menganggu aktivitas dan pekerjaan bukan? Lalu, bagaimana cara mengatasi kondisi tersebut? Cari tahu info selengkapnya berikut ini.

Cara Mengatasi Sakit Kepala Akibat Menatap Layar Komputer Terlalu Lama 


Perlu Anda ketahui bahwa di dunia kesehatan terdapat istilah Computer Vision Syndrome (CVS) atau sindrom penglihatan komputer. Sindrom ini dapat mempengaruhi kesehatan mata dan area leher sehingga dapat menyebabkan sakit kepala.

Itulah kenapa orang yang terlalu lama melihat layar komputer sering merasakan sakit kepala dan memiliki masalah pada penglihatan. Untuk mengatasi hal tersebut Anda dapat melakukan beberapa tips berikut ini:

Atur Pencahayaan Komputer

Anda dapat mengatur pencahayaan agar sakit di kepala akibat melihat layar koputer dalam jangka waktu lama dapat terasa lebih ringan. Jika cahaya layar terlalu terang, maka mata akan memperoleh terlalu banyak cahaya sehingga akan membuat sakit. Sebaliknya, jika terlalu gelap malah akan menyulitkan untuk melihat dan akan membuat mata bekerja lebih keras dan ujungnya akan sakit kepala.

Melakukan Latihan Pernafasan

Anda bisa melakukan latihan pernafasan saat sedang duduk di depan layar komputer. Anda dapat memulainya dengan mengambil nafasa panjang dan perlahan beberapa kali, lalu membuangnya secara perlahan. Lakukan hal ini beberapa kali sampai sakit kepala Anda berkurang.

Memperbaiki Postur Tubuh

Pada saat Anda bekerja di depan komputer, terkadang Anda sering duduk dengan fostur tubuh yang salah, sehingga akan berdampak pada rasa sakit di kepala. Seperti halnya, posisi leher yang tidak nyaman dapat membuat area kepala Anda terasa tertekan.

Minum Obat

Jika sakit kepala yang dirasakan tidak kunjung mereda bahkan sampai menganggu aktivitas serta pekerjaan Anda, Anda bisa mengkonsumsi obat-obaan sebagai solusinya.

Adapun beberapa obat yang disarankan untuk mengatasi sakit kepala akibat menatap layar komputer yaitu : aspirin, kafein, acetaminophen, naproxen, dan ibu profen.

Namun, jika sakit kepala yang di alami tidak kunjung membaik selama berminggu-minggu, ada baiknya jika Anda segera berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui perawatan yang tepat.

Itulah sedikit informasi mengenai cara mengatasi sakit kepala akibat menatap layar komputer terlalu lama.

Cara Mengatasi Sakit Kepala Akibat Menatap Layar Komputer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment