Tuesday, May 28, 2019

Manfaat Sawi Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Sawi Untuk Kesehatan -  Selamat bergabung kembali bersama kami di website Kesehatan resmi yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar dunia kesehatan dan pengobatan herbal. Adapun pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan informasi mengenai manfaat sawi untuk kesehatan. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut.

Manfaat Sawi Untuk Kesehatan Tubuh


Sawi merupakan salah satu jenis sayuran yang paling akrab dengan kehidupan masyarakat. Sawi sendiri merupakan sekelompok tumbuhan yang berasal dari marga Brassica. Tumbuhan ini memiliki banyak sekali jenis mulai dari jenis sawi hijau seperti pakcoy dan caisim, sawi pahit atau mustard greens hingga sawi putih. Meskipun memiliki jenis yang berbeda, namun kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya tidak jauh berbeda.

Sawi sendiri memiliki banyak sekali kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Adapun beberapa vitamin yang terkandung di dalam sawi seperti vitamin B kompleks dalam bentuk asam folat, vitamin A yang berasal dari karoten, vitamin K dan vitamin C. Selain itu, terkandung juga beberapa jenis mineralseperti sodium, kalium, zat besi, fosfor, dan kalsium.

Berikut adalah beberapa manfaat sawi untuk kesehatan, diantaranya:

Mencegah Kanker

Manfaat sawi untuk kesehatan yang pertama yaitu dapat mencegah kanker. Hal ini dikarenakan sawi mwmiliki kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang sangat tinggi. Selain itu, beberapa sayuran yang memiliki aroma tajam seperti lobak dan sawi ternyata memiliki kandungan suatu komponen yang bernama glucosinolate. Manfaat dari komponen ini adalah sebagai penangkal pertumbuhan sel kanker.

Baik Untuk Ibu Hamil

Sayuran hijau seperti sawi ini juga sangat baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Mengkonsumsi sawi dipercaya akan menambah asupan asam folat yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Asam folat ini berperan penting dalam pertumbuhan bayi karena berpengaruh pada pembentukan sel dan DNA.

Sebagai Antioksidan

Sawi pahit memiliki sumber antioksidan yang baik. Selain pada sawi pahit, antioksidan juga terkandung pada semua jenis sawi. Kandungan vitamin A dan C yang sangat tinggi di tambah dengan senyawa lainnya akan membuat sawi menjadi sayuran yang mampu untuk menangkal radikal bebas dan melindungi sel tubuh dari kerusakan.

Menjaga Sistem Imun Tubuh

Manfaat sawi untuk kesehatan yang selanjutnya yaitu dapat menjaga sistem imun tubuh. Sistem imun sendiri memiliki tugas untuk melindungi tubuh dan melawan semua patogen yang dapat menyebabkan infeksi. Salah satu cara untuk menjaga sistem imun adalah dengan menjaga asupan makanan.

Mengkonsumsi sawi secara rutin dipercaya akan menjaga sistem imun agar dapat bekerja dengan baik, hal ini karena sawi memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Manfaat sawi untuk menjaga sistem imun tubuh juga di peroleh dari sifat anti inflamasinya yang dapat mencegah peradangan.

Itulah beberapa manfaat sawi untuk kesehatan tubuh. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

Manfaat Sawi Untuk Kesehatan Tubuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment