Saturday, May 25, 2019

Pantangan Makanan Penderita Asam Urat

Pantangan Makanan Pendeita Asam Urat - Selamat bergabung kembali bersama kami di website Kesehatan resmi yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar dunia kesehatan dan pengobatan herbal. Adapun pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan informasi mengenai pantangan makanan penderita asam urat. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut.

Pantangan Makanan Penderita Asam Urat


Penyakit asam urat yang terasa nyeri di bagian persendian ini tentu akan sangat menyiksa dan menganggu penderitanya. Serangan asam urat dapat terjadi pada siapa saja dan bisa terjadi baik pada hitungan bulan maupun hari. Oleh sebab itu, kita sangat disarankan untuk menjalani pantangan asam urat yaitu dengan menghindari makanan yang menyebabkan asam urat muncul.

Pantangan makanan bagi penderita asam urat ini biasanya meliputi makanan yang mengandung tinggi purin seperti yang terkandung di dalam daging sapi, kalku, hati, dan beberapa ikan. Namun, ada juga beberapa sayuran yang mengandung tinggi purin dan akan memicu terjadinya peningkatan asam urat dalam tubuh.

Dan berikut adalah beberapa jenis pantangan makanan penderita asam urat, diantaranya:

Kembang Kol

Kembang kol merupakan sayuran silangan yang tidak sering ditemukan dalam makanan lain, tetapi sering disajikan dalam campuran sayuran atau sebagai lauk. Kembang kol ini termasuk ke dalam salah satu pantangan makanan asam urat. Menurut AcuMedico, purin yang terkandung di dalam kembang kol adalah 51 gram per 100 gram kembang kol.

Bayam

Pantangan makanan asam urat yang selanjutnya adalah bayam. Bayam merupakan sayuran berdaun hijau yang tinggi akan kandungan zat besi, luteins, vitamin C, flavonoid, dan beta-karoten. Namun, bagi para penderita gout atau asam urat, bayam merupakan salah satu sayuran yang harus dihindari karena memiliki kandungan purin yang tinggi. Menurut tabel makanan AcuMedico, bayam memiliki 57 gram purin untuk setiap 100 gram bayam.

Seafood

Penyebab asam urat yang terutama adalah purin makanan laut yang mengandung zat tersebut. Oleh sebab itu, mereka yang menderita asam urat sangat disarankan untuk menghindari makanan laut seperti kepiting, udang, tiram, remis, dan cumi-cumi. Selain itu, makanan yang diawetkan juga menjadi penyebabnya seperti ikan kalengan; kornet sapi, sarden, dan makanan kalengan lainnya.

Durian

Makanan yang perlu dihindari oleh penderita asam urat yang selanjutnya adalah durian. Karena buah ini mengandung tinggi kolestrol, selain penderita asam urat buah ini juga tidak disarankan konsumsi oleh penderita kolestrol karena dapat menyebabkan komplikasi seperti penyakit jantung, stroke, radang dan hipertensi.

Mangga

Terlalu banyak mengkonsumsi mangga juga tidaklah baik karena akan menghambat menurunnya kadar kalori di dalam tubuh yang menyebabkan berat badan naik. Hal ini dapat menyebabkan asam urat. Jadi, sebaiknya batasi memakan buah mangga atau jika Anda sangat suka dengan mangga, siasati dengan berolahraga.

Nangka

Nangka juga memiliki kandungan purin yang tinggi. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa purin manjadi pantangan asam urat. Purin juga dapat mengganggu fungsi ginjal karena tidak dapat dicerna dan dikeluarkan oleh tubuh. Penumpukan asam urat pada ginjal juga bisa menyebabkan batu ginjal.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai pantangan makanan penderita asam urat. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

Pantangan Makanan Penderita Asam Urat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment