Thursday, May 16, 2019

Tips Menahan Haus Saat Puasa

Tips Menahan Haus Saat Puasa - Selamat bergabung kembali bersama kami di website Kesehatan resmi yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar dunia kesehatan dan pengobatan herbal. Adapun pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan informasi mengenai tips menahan haus saat puasa. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut.

Tips Menahan Haus Saat Puasa


Menahan haus saat berpuasa merupakan suatu tantangan berat, terlebih jika kita sedang berada di bawah teriknya matahari. Selama 14 jam berpuasa dalam cuaca panas, penting untuk kita tetap menjaga agar tubuh tidak banyak kehilangan cairan yang bisa menyebabkan dehidrasi. Ditambah jika suhu sekitar yang sangat tinggi juga dapat meningkatkan resiko terhadap sejumlah kondisi kesehatan berbahaya.

Berikut adalah beberapa tips menahan haus saat puasa, diantaranya:

Menyalakan Kipas Angin

Udara yang konstan bergerak akan mempercepat penguapan keringat. Anda bisa menggunakan kipas angin untuk membantu mengedarkan lebih banyak udara dan membuat Anda merasa lebih sejuk bahkan ketika sedang berada dalam ruangan ber-AC. 

Anda bisa menggunakan trik dengan mengisi sebuah mangkuk dengan es batu dan posisikan mangkuk tersebut di depan kipas angin kamar Anda. Cara yang sederhana ini dapat menciptakan suasana adem berkabut dengan menghembuskan uap dingin dari es batu. Anda juga bisa menambahkan garam ke dalam es terlebih dahulu untuk bisa mengalahkan panas lebih lama.

Kompres Air Dingin

Anda bisa menempelkan es batu yang dibalut kain tipis ke daerah yang memiliki denyut nadi kencang, seperti siku dalam, leher, pelipis, dan pergelangan tangan untuk mengatasi cuaca panas yang berlebihan. Atau bisa tempelkan kompres gel (yang biasa digunakan untuk menurunkan demam) atau botol air minum yang sebelumnya telah dibekukan dalam lemari es.

Berbaring di Lantai

Jika Anda perlu mengademkan diri secepat mungkin, sebaiknya cepat-cepat berbaring dilantai. Lantai mungkin bukanlah tempat istirahat yang nyaman, tapi setidaknya Anda akan jauh dar arus udara yang lebih hangat.

Hirup Uap Air Dingin

Anda juga bisa mengompres tubuh dengan kompres dingin untuk mengademkan tubuh, dan untuk menambahkan udara dingin, pegang cangkir berisi air es diatas mulut Anda dan hirup udaranya. Cara ini akan memaksa keluar udara dingin yang ada di cangkir untuk naik ke atas dan menciptakan angin sepoi-sepoi yang menyejukan tubuh untuk membantu menahan haus saat puasa.

Mandi Dengan Air Dingin

Tips yang selanjutnya adalah dengan mandi atau berendam di bak air dingin atau guyur tubuh di bawah shower air dingin untuk menumpas rasa gerah. Atau Anda juga bisa hanya mencuci muka dengan air dingin.

Membuar Semprotan Air

Anda juga bisa mengisi semprotan air dan dinginkan di dalam kulkas. Anda bisa menggunakannya untuk semprotan wajah yang menyegarkan setelah berlama-lama berada di luar ruangan. Untuk mendapatkan sensasi yang lebih menyegarkan lagi, seduh secangkir teh peppermint lalu masukan ke dalam lemari es. Setelahnya, tuang ke dalam botol semprot dan semprotkan beberapa kali ke wajah. Sensasi menthol dalam teh akan membuat kulit Anda menjadi terasa lebih sejuk.

Itulah beberapa tips menahan haus saat puasa. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

Tips Menahan Haus Saat Puasa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment