Monday, May 13, 2019

Tips Mengatasi Ngantuk Selama Puasa

Tips Mengatasi Ngantuk Selama Puasa - Selamat bergabung kembali bersama kami di website Kesehatan resmi yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar dunia kesehatan dan pengobatan herbal. Adapun pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan informasi mengenai tips mengatasi ngantuk selama puasa. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

Tips Mengatasi Ngantuk Selama Puasa


Jam tidur yang berkurang saat puasa tentunya akan membuat kita menjadi mudah ngantuk. Terlebih jika memasuki jam-jam rawan mengantuk seperti jam 09.00-10.00. Rasa kantuk juga akan muncul pada pukul 14.00-17.00, karena pada waktu tersebut kadar gula darah mulai menurun dalam tubuh. 

Dan berikut adalah tips mengatasi ngantuk selama puasa, diantaranya:

Bergerak

Jika rasa kantuk telah melanda, maka kamu jangan diam saja. Bangunlah dari kursimu dan bergerak sesaat, kamu bisa melakukan peregangan atau berjalan. Sebuah penelitian menemukan bahwa berjalan 10 menit ternyata bisa meningkatkan energi selama 2 jam. Hal ini dikarenakan berjalan dapat memompa oksigen melalui pembuluh darah, otot, dan otak.

Mengalihkan Pandangan

Jika kamu bekerja seharian di depan layar komputer tentu akan membuat mata menjadi kelelahan dan memperburuk rasa kantuk yang melanda. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengalihkan pandangan dari layar komputer selama beberapa menit secara berkala untuk menenangkan mata.

Olahraga

Siapa bilang saat berpuasa tidak boleh berolahraga? Berolahraga ketika berpuasa tetap dianjurkan dan Anda bisa melakukan olahraga ketika sudah berbuka puasa atau setelah sahur. Berolahraga juga akan membantu tubuh menjadi tidak mudah mengantuk.

Sebuah penelitian menunjukan bahwa olahraga lebih efektif dalam meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan di siang hari dari pada beberapa obat yang digunakan untuk mengatasi masalah tidur.

Tidur Siang

Ketika Anda sudah mulai ngantuk saat berpuasa, Anda bisa tidur siang sebentar. Menurut pakar kesehatan Brad Stulberg dan Steve Magness, tidur siang akan membuat bagian otak yang selalu aktif diberikan kesempatan untuk beristirahat. Sementara itu, tidur siang juga memiliki manfaat untuk konsentrasi otak dan memulihkan energi serta membuat seseorang lebih fokus, kreatif, dan produktif. Namun, manfaat itu bisa Anda rasakan jika tidur siang yang dilakuakn tidak lebih dari setengah jam.

Bekerja di Tempat Terang

Hindari bekerja di tempat yang minim pencahayaan, terlebih saat berpuasa. Hal itu dapat memperparah kelelahan dan rasa kantuk. Sebuah penelitian menunjukan bahwa paparan cahaya dapat mengurangi kantuk dan meningkatkan kewaspadaan.

Itula informasi mengenai tips mengatasi kantuk selama puasa. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi Anda.

Tips Mengatasi Ngantuk Selama Puasa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment