Wednesday, May 22, 2019

Cara Mengatasi Cegukan Saat Puasa Dengan Cepat

Cara Mengatasi Cegukan Saat Puasa - Selamat bergabung kembali bersama kami di website Kesehatan resmi yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar dunia kesehatan dan pengobatan herbal. Adapun pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan informasi mengenai cara mengatasi cegukan saat puasa. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut.

Cara Mengatasi Cegukan Saat Puasa Dengan Cepat


Cegukan merupakan peregangan yang tidak sengaja pada doafragma, yaitu otot yang memisahkan dada dan perut. Setiap kali peregangan atau kontraksi diikuti oleh menutupnya pita suara secara tiba-tiba dan kondisi inilah yang menimbulkan cegukan.

Cegukan juga bisa terjadi karena perubahan suhu yang mendadak, makan terlalu banyak, atau makan sahur terburu-buru. Dan jika Anda mengalami cegukan saat berpuasa tentunya akan cukup menganggu karena tidak bisa dihilangkan dengan cara minum segelas air. Dan ternyata, ada beberapa cara mengatasi cegukan yang tidak akan membatalkan puasa Anda. Berikut adalah beberapa cara mengatasi cegukan saat puasa, diantaranya:

Memijat Ulu Hati 

Cara menghilangkan cegukan saat puasa bisa Anda lakukan dengan memijat area sekitar ulu hati. Otot diafragma biasanya berada di bawah area tersebut sehingga jika Anda memijatnya dengan lembut sekitar 20 hingga 30 detik, cegukan pun bisa segera mereda.

Menahan Napas

Cara mengatasi cegukan saat puasa yang selanjutnya yaitu dengan cara menahan napas dalam-dalam dan tahan selama sekitar sepuluh detik. Setelah itu, embuskan napas Anda secara perlahan. Ulangi cara ini sekitar 3 hingga 4 kali setiap 20 menit hingga cegukan menghilang.

Tarik Lidah

Menarik lidah bisa Anda lakukan untuk merangsang saraf dan otot di tenggorokan. Caranya sangat mudah, pegang ujung lidah menggunakan tangan Anda yang sebelumnya telah di cuci, kemudian tarik lidah secara perlahan ke depan sekali atau dua kali.

Menekan diafragma

Diafragma adalah otot yang berfungsi untuk menarik dan mengeluarkan napas, rongga diafragma ini dapat memisahkan perut dari paru-paru. Cara menghilangkan cegukan saat puasa dapat dilakukan dengan menekan diafragma. Caranya sangat mudah, Anda dapat menggunakan tangan untuk memberikan tekanan pada area tepat di bawah ujung tulang dada Anda secara perlahan. Jika cegukan belum berhenti, ulangi kembali tekanan.

Tutup Mulut

Anda juga dapat mencoba menutup hidung dan mulut menggunakan kedua telapak tangan, tetapu tetap bernafas dengan normal. Nantinya, dosis karbon diokdida saat bernapas akan membantu menghilangkan cegukan. 

Menutup Telinga

Jika Anda mengalami cegukan, Anda cukup menutup telinga dengan menggunakan jari selama 20 hingga 30 detik. Anda juga bisa menekan area lunak di belakang cuping telinga, tepat di bawah pangkal tengkorak. Cara ini dapat mengirimkan sinyal "rileks" melalui saraf vagus yang tehubung ke diafragma. Dan menurut penelitian, tips mengatasi cegukan saat puasa ini memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa.

Demikianlah informasi mengenai cara mengatasi cegukan saat puasa. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

Cara Mengatasi Cegukan Saat Puasa Dengan Cepat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment