Tuesday, May 14, 2019

Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Kulit

Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Kulit - Selamat bergabung kembali bersama kami di website Kesehatan resmi yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar dunia kesehatan dan pengobatan herbal. Adapun pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan informasi mengenai manfaat puasa untuk kesehatan kulit. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Kulit


Pada umumnya puasa akan memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan, tak terkecuali untuk kulit. Hal ini tentu saja disebabkan karena sistem tubuh Anda yang akan menyesuaikan diri terhadap berkurangnya asupan makanan setiap hari. Meskipun tidak langsung terlihat, namun nyatanya manfaat berpuasa bisa tetap kita rasakan untuk kulit. Hal ini karena terjadinya perubahan sistemkerja tubuh yang berdampak pada kulit.

Berikut adalah beberapa manfaat puasa untuk kesehatan kulit, diantaranya:

Menjaga Kulit Tetap Sehat

Perlu Anda ketahui bahwa setiap 1 tahun terdapat sekitar 1 kg racun yang akan masuk ke tubuh kita melalui makanan, obat-obatan, kafein, dan sumber lainnya. Oleh sebab itu, tubuh harus membuang racun-racun tersebut melalui proses detoksifikasi yang melibatkan organ -organ seperti ginjal, hati, sistem pencernaan, dan kulit.

Proses detoksifikasi saat berpuasa ternyata bisa membawa manfaat bagi kulit. Karena selama berpuasa, racun yang masuk ke dalam tubuh Anda akan berkurang sehingga organ-organ tubuh dapat melakukan detoksifikasi dengan lebih optimal. Tubuh yang terbebas dari racun akan tercermin dari kulit yang sehat.

Mencegah Penuaan Dini

Kulit Anda tentunya membutuhkan nutrisi agar sel-sel penyusunnya senantiasa sehat dan aktif membelah diri. Seiring bertambahnya usia, pembuluh darah yang menyalurkan darah kaya nutrisi dan oksigen menuju seluruh tubuh menjadi semakin sensitif dan rentan mengalami kerusakan akibat penuaan.

Berpuasa ternyata akan membuat Anda kekurangan kalori dan sumber energi utama berupa glukosa. Tubuh pun akan menyesuaikan diri dengan melepaskan sejenis molekul yang disebut dengan keton. Suatu penelitian menyebutkan bahwa keton akan turut merangsang pembelahan sel yang menyusun dinding pembuluh darah. Pembelah sel sendiri merupakan tanda bahwa sel-sel Anda masih muda dan sehat. Ini berarti kulit Anda juga akan terhindar dari penuaan.

Mempercepat Penyembuhan Luka

Penelitian yang dilakukan di University of Southern California, Los Angeles, mengungkapkan bahwa puasa ternyata berpotensi dapat memulihkan sistem kekebalan tubuh. Berdasarkan penelitian tersebut, berpuasa selama 2-4 hari dapat membuang sel imun yang sudah tua dan merangsang pembentukan sel yang baru.

Tubuh akan menggunakan berbagai mekanisme untuk menghemat energi saat berpuasa. Salah satunya yaitu dengan menguraikan sel-sel pada sistem kekebalan tubuh yang sudah rusak atau tidak lagi dibutuhkan. Energi tubuh yang biasanya digunakan untuk mencerna makanan juga akan dialihkan untuk proses tersebut. Dan inilah salah satu manfaat tidak langsung dari puasa untuk kesehatan kulit Anda.

Mengatasi Masalah Kulit

Puasa dipercaya memiliki manfaat yakni bisa mengatasi berbagai masalah kulit. Sebuah penelitian mengenai dermatitis pada hewan menunjukan bahwa puasa jangka pendek selama 48 jam dapat mengurangi pembengkakan akibat dermatitis kontak. Dan penyakit ini timbul akibat paparan langsung dengan pemicunya.

Para peneliti menduga bahwa pengaruh ini bisa terjadi karena tubuh tidak menghabiskan energi untuk mencerna makanan selama berpuasa. Dan tubuh justru lebih fokus untuk memulihkan diri dan sistem kekebalan tubuh guna melawan reaksi alergi yang memicu berbagai penyakit kulit.

Agar manfaat puasa untuk kesehatan kulit lebih optimal, maka Anda disarankan untuk memenuhi kebutuhan tubuh dengan nutrisi dan air saat sahur dan berbuka puasa.

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat puasa untuk kesehatan kulit. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Kulit Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment