Monday, May 13, 2019

Cara Mengatasi Kebotakan

Cara Mengatasi Kebotakan - Selamat bergabung kembali bersama kami di website Kesehatan resmi yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar dunia kesehatan dan pengobatan herbal. Adapun pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan informasi mengenai cara mengatasi kebotakan. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

Cara Mengatasi Kebotakan


Pada umumnya sebagian orang mulai mengalami kebotakan di usia 50 tahun, namun ada juga yang mengalaminya di usia yang kurang dari 21 tahun. Rambut rontok yang terlalu parah biasanya dapat menyebabkan kebotakan dan ada kalanya kebotakan tersebut membentuk pola tertentu. 

Kebotakan pada dasarnya pasti akan menganggu rasa percaya diri seseorang, yang nantinya mungkin akan berpengaruh padakehidupan sosial dan produktivitasnya. Maka dari itu, sangat penting bagi Anda untuk memahami cara-cara mengatasi kebotakan, sebelum bertambah luas. Dan berikut adalah beberapa cara mengatasi kebotakan, diantaranya:

Mengurangi Penggunaan Alat Penata Rambut

Pelurus, pengering rambut, hingga sisir yang bergigi rapat ternyata dapat memperparah kerontokan dan kebotakan rambut. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk menghindari penggunaan alat-alat ini secara berlebihan. Hindari juga terlalu sering keramas dan menyisir rambut yang masih basah, karena itu dapat menyebabkan kerontokan.

Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Rambut

Protein, zat besi, asam lemak, omega-3, biotin, vitamin B6, vitamin B12, dan vitamin D sangat penting untuk menyuburkan dan menjaga kekuatan rambut. Dan nutrisi ini dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi ikan, telur, daging, susu, dan kacang kedelai setiap harinya. Selain itu, konsumsi juga beragam jenis makanan sehat setiap hari, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, gandum utuh, dan daging tanpa lemak.

Menata Rambut Dengan Gaya Berbeda

Anda juga bisa berkonsultasi dengan penata rambut Anda untuk menemukan gaya rambut yang dapat menyamarkan kebotakan atau membuat rambut terlihat lebih tebal.

Mengkonsumsi Obat-obatan

Untuk mengatasi kebotakan pada rambut, Anda bisa mengkonsumsi beberapa jenis obat seperti finasteride atau minoxidil. Penggunaannya pun tentunya harus sesuai dengan resep dokter untuk meminimalisirkan resiko atau efek sampingnya.

Menghindari Stress

Salah satu cara untuk mencegah kerontokan dalah dengan menghindari stres. Pada dasarnya, stres ini dapat meningkatkan peradangan di dalam tubuh dan memengaruhi hormon, sehingga dapat menyebabkan kebotakan rambut. Selain itu, kebotakan juga bisa disebabkan karena adanya gangguan psikologis, misalnya depresi. Untuk membantu mengatasi kebotakan tesebut dibutuhkan konseling dengan psikiater atau psikolog.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara mengatasi kebotakan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

Cara Mengatasi Kebotakan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment