Tuesday, April 23, 2019

Mengenal Makanan Pencegah Kanker

Makanan Pencegah Kanker - Selamat bergabung kembali bersama kami di website Kesehatan resmi yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar dunia kesehatan dan pengobatan herbal. Adapun pada kesempatan kali ini kami akan menyajika informasi mengenai makanan pencegah kanker. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

Makanan Pencegah Kanker


Kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang mematikan, yang mana jika penyakit ini telah memasuki tubuh kita akan sangat sulit untuk mengobatinya. Untuk itu, hal terbaik yang perlu dilakukan untuk menghindari kanker adalah dengan cara mencegahnya. Dan salah satu cara mencegah kanker adalah dengan mengkonsumsi makanan bergizi. 

Terdapat beberapa jenis makanan yang dipercaya mampu mencegah timbulnya sel kanker dalam tubuh. Makanan-makanan tersebut mengandung zat yang berfungsi untuk melawan kanker seperti sulforaphane dan fitronutrien.

Berikut adalah beberapa makanan yang dipercaya dapat mencegah kanker, diantaranya:

Bawang Putih

Selain digunakan sebagai bahan penyedap makanan, bawang putih ternyata memiliki khasiat yang sangat baik untuk mencegah kanker. Hal ini berkat kandungan zat yang bernama allicin di dalamnya. Menurut hasil penelitian, allicin sangat efektif dalam membunuh sel-sel kanker.

Dalam penelitian lainnya, ditemukan fakta bahwa orang-orang yang mengkonsumsi bawang putih, bawang bombay, dan daun bawang memiliki resiko kanker yang lebih kecil jika dibandingkan dengan mereka yang jarang atau tidak sama sekali mengkonsumsinya.

Tomat

Tomat memiliki kandungan lycopene yang memberi warna merah pada buah ini, serta memiliki sifat anti kanker. Sebuah study mengungkapkan jika tomat mampu mengurangi resiko seseorang terkena kanker prostat.

Selain kanker prostat, tomat juga sangat baik dalam mencegah jenis kanker lainnya seperti kanker paru-paru, kanker, serviks, kanker payudara, kanker mulut dan kanker usus.

Kacang-kacangan

Semua jenis kacang-kacangan dipercaya sangat efektif dalam mencegah resiko kanker, bahkan bisa meminimalisir potensi kematian bagi para penderita kanker. Hal ini dikarenakan kacang mengandung selenium yang bersifat anti kanker. Adapun sejumlah kanker yang dapat dicegah seperti kanker koloktoral, pankreas, dan kanker endometris.

Wortel

Menurut penelitian pada tahun 2015 diperoleh fakta bahwa mengkonsumsi wortel dapat menurunkan resiko penyakit kanker lambung sebanyak 26%. Studi lain juga menyebutkan bahwa wortel juga sangat berpengaruh terhadap penurunan resiko kanker prostat yakni sebanyak 18%.

Bagi Anda para perokok, selain menghentikan kebiasaan merokok, Anda juga bisa mengkonsumsi wortel untuk menurunkan resiko terkena kanker paru. Hal ini didasarkan pada studi yang menyebutkan bahwa perokok yang rutin mengkonsumsi wortel memiliki resiko kanker paru-paru 3 kali lebih kecil dari pada perokok yang tidak mengkonsumsi wortel sama sekali.

Telur

Telur ayam sangat cocok dijadikan sebagai menu diet Anda guna memproteksi diri dari serangan kanker. Disamping kandungan lemak dan protein, telur juga diperkaya dengan asam folat yang mana zat ini terbukti efektif dalam melawan sel kanker.

Kunyit

Anda juga bisa memanfaatkan kunyit untuk menurunkan resiko kanker. Anda bisa mengkonsumsi kunyit dalam bentuk minuman atau campuran dalam masakan. Konsumsi kunyit secara rutin dipercaya akan mengurangi resiko Anda terkena kanker. Hal ini dikarenakan kunyit mengandung zat antioksidan dan antiinflamasi bernama kurkumin. Zat ini berperan dalam mencegah perkembangan sel-sel kanker.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai beberapa makanan pencegah kanker. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

Mengenal Makanan Pencegah Kanker Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment