Tuesday, May 21, 2019

Ternyata Ini Kondisi Yang Membuat Lemas Saat Puasa

Kondisi Yang Membuat Lemas Saat Puasa - Selamat bergabung kembali bersama kami di website Kesehatan resmi yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar dunia kesehatan dan pengobatan herbal. Adapun pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan informasi mengenai kondisi yang membuat lemas saat puasa. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut.

Kondisi Yang Membuat Lemas Saat Puasa


Puasa mewajibkan kita untuk tidak makan dan minum seharian memang akan membuat tubuh menjadi lemas. Meskipun kondisi ini wajar terjadi, namun pakar kesehatan menyebut bahwa kondisi ini sebenarnya dapat di cegah asalkan kita menerapkan pola makan dan gaya hidup yang tepat.

Badan yang lemas tentunya akan membuat aktivitas sehari-hari menjadi terganggu. Pakar kesehatan menyarankan agar kita selalu memperhatikan kondisi tubuh saat menjalankan ibadan puasa sehingga bisa mencegah tubuh terasa lemas saat berpuasa.

Berikut adalah beberapa kondisi yang dapat membuat badan lemas saat berpuasa, diantaranya:

Tidak Mendapatkan Waktu Tidur Berkualitas

Saat bulan puasa ada banyak orang yang mengalami masalah kurang tidur. Selain harus bangun pada waktu dini hari, terkadang ada juga berbagai macam aktivitas yang mengharuskan kita untuk tidur di waktu yang cukup larut malam. Dan masalahnya adalah jika kita mengalami kurang tidur, maka tubuh akan menjadi lemas dan kurang berenergi. Hal ini tentunya akan membuat kita mudah merasa lelah seharian.

Dehidrasi

Dehidrasi salah satu kondisi yang rentan terjadi pada mereka yang menjalankan ibadah puasa, terlebihjika konsumsi air tidak cukup saat sahur atau berbuka. Apalagi jika kita lupa mengkonsumsi sahur, maka resiko untuk mengalami dehidrasi pun akan meningkat dengan signifikan.

Tidak Mendapatkan Asupan Kalori Cukup

Banyak orang yang memilih untuk makan dengan porsi yang sedikit saat sahur, hal ini karena mereka tak ingin mengalami kenaikan berat badan. Padahal tubuh akan membutuhkan kalori yang cukup banyak agar bisa mendapatkan sumber energi seharian. Dan jika kita tidak memenuhinya, maka asupan energi akan kurang dan akhirnya akan membuat badan terasa lemas seharian. Selain kalori, kita juga memerlukan asupan lain seperti lemak, protein, dan juga serat untuk membantu tubuh menjadi tidak lemas seharian.

Kurang Bergerak

Banyak orang yang tak ingin kehilangan energi saat berpuasa sehingga mereka memilih untuk tidak banyak bergerak, malas-malasan, atau mungkin tidur seharian. Meskipun hal tersebut bisa menghemat energi, namun tubuh justru akan merasa jauh lebih lemas seharian. Karena alasan inilah pakar kesehatan menyarankan kita untuk tetap melakukan aktivitas seperti biasanya demi membuat badan terasa lebih bugar.

Tidak Mendapatkan Asupan Protein Yang Cukup

Seperti yang sudah disebut sebelumnya, selain asupan kalori kita juga perlu memenuhi asupan protein demi menjaga keseimbangan sistem metabolisme tubuh. Jika tubuh di bulan puasa kita tidak memenuhinya, maka resiko untuk mengalami kelelahan akan meningkat secara signifikan. Pakar kesehatan menyebut bahwa kita sangat disarankan mengkonsumsi telur, daging ikan, atau kacang-kacangan demi mendapatkan protein yang cukup setiap harinya.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaiakn mengenai beberapa kondisi yang dapat membuat lemas saat puasa. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih. 

Ternyata Ini Kondisi Yang Membuat Lemas Saat Puasa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment