Sunday, May 19, 2019

Manfaat Kolang-Kaling Bagi Kesehatan

Manfaat Kolang-kaling - Selamat bergabung kembali bersama kami di website Kesehatan resmi yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar dunia kesehatan dan pengobatan herbal. Adapun pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan informasi mengenai manfaat kolang-kaling bagi kesehatan. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut.

Manfaat Kolang-Kaling Bagi Kesehatan 


Kolang-kaling merupakan camilan berwarna putih yang memiliki bentuk lonjong dan tekstur kenyal ketika dimakan. Kolang-kaling ini sering dianggap sebagai makanan ringan yang memiliki rasa lezat ketika diolah menjadi bahan masakan seperti kolak atau olahan makanan lainnya.

Buah kolang-kaling ini sangat kaya akan kalium, zat besi, kalsium, vitamin A, B, dan C serta gelatin. Bentuk buah kaling ini memang unik dan sangat cocok sebagai pelengkap es buah. Selain memiliki rasa yang enak, buah kolang-kaling juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat kolang-kaling bagi kesehatan tubuh, diantaranya:

Menyehatkan Tulang

Selama ini mungkin kita hanya tahu bahwa menjaga kesehatan dan kepadatan tulang hanya perlu meminum susu setiap hari. Namun ternyata, tidak hanya susu saja yang memiliki manfaat untuk kesehatan tulang. Khasiat kolang-kaling ternyata juga bermanfaat dalam membantu menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. Hal ini disebabkan oleh tingginya kadar kalsium yang terkandung di dalam kolang-kaling yang sangat baik untuk petumbuhan tulang.

Melancarkan Pencernaan

Ketika puasa di bulan Ramadhan, sering kali pencernaan kita tidak akan bekerja dengan baik sehingga akan timbul masalah pada pencernaan. Kondisi ini tentunya akan membuat tubuh terasa tidak nyaman selama berpuasa. Dan untuk mengatasi masalah tersebut, kolang-kaling bisa menjadi solusinya. Kolang-kaling dipercaya dapat melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Hal ini dikarenakan kolang-kaling mengandung serat yang cukup tinggi sehingga bisa mengatasi masalah sulitnya buang air besar.

Menyehatkan Jantung

Manfaat kolang-kaling untuk kesehatan yang selanjutnya adalah bisa menyehatkan jantung. Hal ini dikarenakan kolang-kaling memiliki serat yang tinggi yang dapat membantu membersihkan pembuluh darah dari kolestrol yang dapat memicu penyakit arterioclerosis, ini karena terhalangnya sistem kardiovaskular.

Menurunkan Berat Badan

Kolang-kaling juga sangat cocok dikonsumsi oleh Anda yang sedang dalam proses penurunan berat badan. Sebab, selain mengandung karbohidrat yang bisa diandalkan sebagai sumber energi bagi tubuh, manfaat kolang-kaling juga ternyata mengandung gelatin yang dapat menekan nafsu makan berlebihan. Sehingga kolang-kaling ini bisa dijadikan sebagai makanan yang tepat ketika menjalani program diet.

Mencegah Dehidrasi

Manfaat kolang-kaling bagi kesehatan yang selanjutnya yaitu dapat mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Hal ini dikarenakan kolang-kaling mengandung air dan serat serta mengandung banyak vitamin dan mineral. Mengkonsumsi kolang-kaling dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda.

Menjaga Metabolisme Tubuh

Kolang-kaling memiliki banyak sekali kandungan mineral, seperti kalium, zat besi, zinc, dan kalsium. Kandungan ini sangat bermanfaat dalam membantu metabolisme dalam sel-sel tubuh. Sehingga tubuh memiliki jumlah energi dan menyehatkan tubuh.

Demikianlah informasi mengenai manfaat kolang-kaling bagi kesehatan tubuh. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

Manfaat Kolang-Kaling Bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment