Tuesday, May 28, 2019

Cara Mencegah Asam Lambung Saat Puasa

Cara Mencegah Asam Lambung Saat Puasa -  Selamat bergabung kembali bersama kami di website Kesehatan resmi yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar dunia kesehatan dan pengobatan herbal. Adapun pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan informasi mengenai cara mencegah asam lambung saat puasa. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut.

Cara Mencegah Asam Lambung Saat Puasa


Kebanyakan orang akan mengalami perubahan kondisi saat menjalankan ibadah puasa. Hal ini tentu disebabkan karena tubuh yang mulai beradaptasi dengan pola makan yang sangat berbeda dari hari biasanya. Namun, perubahan ini terkadang sering memicu masalah asam lambung tinggi yang tentunya akan membuat Anda merasa tidak nyaman.

Selain memicu rasa perih atau tidak nyaman, asam lambung yang mencapai kerongkongan juga dapat membuat Anda mual. Dan permasalahannya kita tidak bisa melakukan apapun karena harus menahan lapar dan haus. Berikut adalah cara mengatasi asam lambung saat puasa, diantaranya:

Perhatikan Porsi Makan

Hal pertama yang harus Anda pahami adalah memperhatikan porsi makan, pada saat berbuka hindari langsung mengkonsumsi makanan dengan porsi yang besar terlebih jika makanan-makanan tersebut tinggi akan minyak dan lemak karena dapat membuat asam lambung udah naik. Dan sebaiknya konsumsilah makanan dengan porsi yang wajar meskipun perut kita kosong seharian.

Hal yang sama juga harus Anda terapkan saat sahur. Karena mengkonsumsi makanan terlalu banyak ketika sahur akan memicu sensasi mual, begah, dan kenaikan asam lambung. Oleh karena itu konsumsilah makanan dengan porsi yang wajar.

Makan Dengan Teratur

Saat berpuasa tentunya makan kita menjadi 2 kali yaitu saat sahur dan berbuka. Dan pastikan kita tidak menunda makan jika sudah saatnya. Contohnya, saat berbuka segeralah mengkonsumsi makanan demi mengisi perut yang kosong seharian. Jika kita masuk menundanya, dikhawatirkan asam lambung akan naik dengan cepat.

Jangan Minum Terlalu Banyak

Kebanyakan orang biasanya sering memperbanyak minum saat sahur yang bertujuan untuk mencegah dehidrasi saat berpuasa. Padahal, hal tersebut akan memicu gangguan pencernaan makanan, menyebabkan asam lambung naik, dan akhirnya kita bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil.

Kunyah Makanan Hingga Halus

Makan terlalu cepat bisa membuat makanan tidak terkunyah dengan baik. Hal ini tentunya akan membuat asam lambung bekerja dengan lebih keras untuk melumatnya dan akhirnya memproduksi asam lambung dengan jumlah yang lebih banyak. Hal ini nantinya bisa memicu naiknya asam lambung.

Sekian informasi mengenai cara mencegah asam lambung saat puasa. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

Cara Mencegah Asam Lambung Saat Puasa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment