Sunday, May 26, 2019

Jangan Dibuang! Manfaat Tersembunyi dari Kulit Buah-buahan

Manfaat Tersembunyi dari Kulit Buah-Buahan - Selamat bergabung kembali bersama kami di website Kesehatan resmi yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar dunia kesehatan dan pengobatan herbal. Adapun pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan informasi mengenai manfaat tersembunyi dari kulit buah-buahan. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut.

Manfaat Tersembunyi dari Kulit Buah-buahan


Banyak orang yang beranggapan bahwa kulit dari beberapa jenis buah-buahan hanyalah sampah yang tidak perlu dimakan. Padahal, kenyataannya terdapat beberapa jenis kulit buah-buahan yang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Pakar kesehatan menyarankan agar kita tidak sembarangan mengupas atau membuang kulit dari beberapa jenis buah-buahan karena kulitnya tersebut memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan.

Berikut adalah beberapa jenis kulit buah yang memiliki manfaat bagi kesehatan, diantaranya:

Pisang

Penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari Chung Shan Medical University di Taiwan membuktikan bahwa kulit pisang ternyata memiliki manfaat yang sangat tinggi bagi kesehatan. Dalam penelitian ini diperoleh fakta bahwa ekstrak kulit pisang memiliki manfaat yang mampu mengatasi depresi dan membantu produksi hormon yang bisa mengatasi stres. Hal ini tentunya akan memberikan pengaruh besar bagi tekanan darah tubuh.

Kulit pisang juga memiliki kandungan lutein yang bisa menyehatkan retina. Selain itu, kandungan antioksidan seperti karotenoid juga bisa menurunakn resiko terkena katarak yang merupakan salah satu masalah kesehatan mata yang banyak menyerang masyarakat Indonesia.

Jeruk

Tak banyak yang tahu jika ternyata kulit jeruk memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan kulit jeruk memiliki kandungan antioksidan berjenis flavonoid yang sangat tinggi. Kandungan ini ternyata bisa membantu menurunkan kadar kolestrol jahat dan menjaga kadar baik di dalam darah. Selain itu, antioksidan juga dapat melawan paparan buruk radikal bebas yang  bisa menyebabkan penyakit.

Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa mengkonsumsi kulit jeruk ternyata bisa memberikan manfaat 20 kali lebih besar dibandingkan dengan makan jus jeruk. Namun, jika kita masih belum terbiasa memakan kulit jeruk, setidaknya kita memakan daging buahnya tanpa menghilangkan serabutnya.

Nanas

Selain buahnya yang menyegarkan dan enak untuk disantap, kulit dari buah nanas pun diketahui memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggo. Sebagai contoh, kita bisa mendapatkan enzim bromelain, vitamin C dan serat di dalamnya. Mengkonsumsi kulit nanas juga bisa membantu mengatasi gangguan pencernaan dan masalah perut kembung.

Semangka

Kulit buah semangka juga sangat tinggi akan kandungan asam amino berjenis citrulline yang bermanfaat untuk membantu melebarkan pembuluh darah. Hal ini tentunya bisa membantu menurunkan tekanan darah sekaligus memperlancar sirkulasi darah. Kondisi ini tentunya akan membuat jantung dan pembuluh darah menjadi semakin sehat.

Buah Kiwi

Kulit buah kiwi sangat tinggi akan kandungan flavonoid yang bisa mencegah peradangan, kanker, dan alergi. Selain itu, kandungan antioksidannya juga akan mencegah paparan bakteri penyebab datangnya gangguan pencernaan.

Demikianlah informasi mengenai manfaat tersembunyi dari kulit buah-buahan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

Jangan Dibuang! Manfaat Tersembunyi dari Kulit Buah-buahan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment