Wednesday, May 15, 2019

Tips Merawat Mulut dan Gigi Selama Bulan Ramadhan

Tips Merawat Mulut dan Gigi Selama Bulan Ramadhan - Selamat bergabung kembali bersama kami di website Kesehatan resmi yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar dunia kesehatan dan pengobatan herbal. Adapun pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan informasi mengenai tips merawat mulut dan gigi selama bulan Ramadhan. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut.

Tips Merawat Mulut dan Gigi Selama Bulan Ramadhan


Saat sedang menjalani ibadah puasa, sebagaian dari Anda mungkin kurang memperhatikan kesehatan gigi dan mulut saat di bulan Ramadhan ini. Hal ini mungkin karena adanya kekhawatiran akan batalnya puasa jika terdapat objek di dalam mulut. Oleh sebab itu, saat berpuasa mungkin Anda sering mengalami beberapa masalah seperti bau mulut atau terjadi kerusakan pada gigi.

Untuk mencegah hal tersebut, Dr Max Riewer yang merupakan dokter gigi asal Dubai sangat menyarankan Anda untuk meminum air yang banyak, memakan buah dan sayur, serta menghindari masakan pedas. Selain itu, Anda juga sangat disarankan untuk menghentikan kebiasaan merokok karena dapat merusak kesehatan gigi dan mulut. Dan waktu menyikat gigi yang paling baik selama puasa adalah ketika sahur.

Dan berikut adalah beberapa tips merawat mulut dan gigi selama bulan Ramadhan, diantaranya:

Menyikat Gigi Setelah Sahur dan Berbuka

Sebaiknya Anda segera menyikat gigi setelah sahur dan berbuka dan jika perlu gunakanlah pasta gigi yang mengandung fluorida agar dapat mencegah pembentukan rongga dan memperkuat gigi. Selain itu, menyikat gigi juga merupakan hal penting untuk mencegah terjadinya gangguan pada kesehatan gigi dan mulut.

Hindari Konsumsi Makanan Yang Lengket

Selama bulan Ramadhan, sebaiknya Anda menghindari makanan yang lengket seperti cokelat, keju, hingga berbagai jenis sereal karena semua makanan tersebut masuk dalam kategori makanan yang lengket pada gigi. Jika Anda tidak menyikat gigi dengan benar, maka serpihan makanan tersebut akan menempel pada gigi, sehingga hal tersebut akan menyebabkan terjadinya penumpukan karang gigi dan membahayakan kesehatan mulut dan gigi Anda.

Menggunakan Antiseptik Jika Menggunakan Gigi Palsu

Bagi Anda yang memakai gigi palsu, Anda sebaiknya harus mencoba menggunakan antiseptik sebelum tidur untuk membersihkan gigi palsu Anda. Hal ini tentunya sangat ampuh untuk mengatasi masalah bau mulut yang menghantui Anda setiap Ramadhan tiba.

Gunakan Pembersih Lidah

Scraper atau pembersih lidah biasanya sering digunakan untuk mengangkat sisa-sisa makanan yang menyelimuti lidah. Biasanya, ampas inilah yang menyebabkan mulut menjadi bau. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menggunakan scraper atau pembersih lidah untuk membersihkan lidah Anda.

Konsumsi Buah dan Sayur Saat Berbuka

Buah dan sayur yang dimakan ketika berbuka puasa ternyata bisa mengembalikan zat mineral pada gigi. Hal ini disebabkan karena berbagai kandungan serat yang tinggi yang terdapat di dalam buah dan sayur.

Itulah beberapa tips merawat mulut dan gigi selama bulan Ramadhan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

Tips Merawat Mulut dan Gigi Selama Bulan Ramadhan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment