Tuesday, May 21, 2019

Perawatan Untuk Kulit dan Bibir Kering Selama Puasa

Perawatan Untuk Kulit dan Bibir Kering Selama Puasa - Selamat bergabung kembali bersama kami di website Kesehatan resmi yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar dunia kesehatan dan pengobatan herbal. Adapun pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan informasi mengenai perawatan untuk kulit dan bibir kering selama puasa. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut.

Perawatan Untuk Kulit dan Bibir Kering Selama Puasa


Saat berpuasa tentunya asupan nutrisi dan cairan akan berkurang serta pola makan pun akan berubah, hal ini nantinya dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan kusam serta bibir pecah-pecah. Selama bulan puasa, sebagian orang tentunya akan mudah mengalami rasa lelah, mengantuk, pusing, sembelit, lemas, hingga dehidrasi terutama jika tubuh kekurangan asupan nutrisi, vitamin dan mineral. Dehidrasi ini dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan kulit seperti kulit kusam, kulit kering, dan bibir pecah-pecah.

Berikut adalah perawatan kulit dan bibir kering selama puasa, diantaranya:

Menggunakan Pelembap Kulit dengan SPF

Menggunakan pelembap akan membantu Anda dalam mengatasi masalah kulit kering. Namun, sebelum menggunakannya Anda harus memastikan bahwa pelembap yang digunakan sesuai dengan jenis kulit. Anda sangat dianjurkan menggunakan pelembap yang mengandung SPF agar kulit tetap aman saat harus terpapar sinar ultraviolet yang bisa merusak kulit.

Lindungi Tubuh dari Sinar Matahari

Perawatan kulit yang selanjutnya yaitu dengan cara melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsing karena dapat menyebabkan keriput, muncul tanda penuaan, bintik-bintik, dan masalah kulit lainnya. Batasi paparan sinar matahari pada pukul 10 pagi hingga 4 sore, hal ini untuk menghindari paparan sinar ultraviolet berlebih. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan pakaian tertutup untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung serta menggunakan tabir surya minimal dengan SPF 15 terutama saat berada di luar ruangan.

Nutrisi Sehat

Asupan nutrisi yang sehat ke dalam tubuh akan membantu mengatasi kulit kering. Anda dapat memperbanyak konsumsi buah dan sayur, serta biji-bijian dan juga protein rendah lemak. Makanan yang mengandung vitamin C dan rendah lemak serta karbohidrat dapat meningkatkan kesehatan kulit dan membantu menjaga keremajaan kulit. Vitamin C juga dapat membantu melindungi sel tubuh dan menjaga kesehatan tubuh.

Vitamin C terlibat dalam produksi kolagen yang memelihara jaringan ikat agar tetap sehat, hal ini akan mendukung kesehatan struktur jaringan dan organ tubuh termasuk kulit.

Asupan cairan

Saat bulan puasa, Anda juga harus memperbanyak asupan cairan. Pastikan Anda meminum air putih di saat sahur dan berbuka puasa serta pada waktu malam hari karena diwaktu tersebut adalah opsi yang sangat bagus untuk menghindari dehidrasi yang bisa menyebabkan kulit kering.

Konsumsi air mineral minimal 2,5 liter perhari atau setara dengan 8-10 gelas per hari, yang bisa Anda pebuhi saat berbuka puasa, malam hari dan sahur. Adapun sebagai pilihan lainnya, Anda pun juga bisa mengkonsumsi jus buah dan sayuran untuk menambah asupan cairan yang kaya akan serat dan vitamin, tentunya akan membantu menjaga kesehatan kulit selama bulan puasa dan juga sehari-hari.

Perawatan yang baik terhadap kulit juga dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya. Hindari terlalu mandi, terutama jika memakai air hangat karena kebiasaan ini dapat menguras kadar minyak alami pada kulit Anda.

Demikianlah informasi mengenai perawatan kulit dan bibir kering selama puasa. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

Perawatan Untuk Kulit dan Bibir Kering Selama Puasa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment