Sunday, May 19, 2019

Tips Sehat di Bulan Ramadhan

Tips Sehat di Bulan Ramadhan - Selamat bergabung kembali bersama kami di website Kesehatan resmi yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar dunia kesehatan dan pengobatan herbal. Adapun pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan informasi mengenai tips sehat di bulan Ramadhan. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut.

Tips Sehat di Bulan Ramadhan


Bulan ramadhan merupakan bulan yang istimewa bagi umat muslim, karena di bulan ini mereka di wajibkan untuk berupasa selama 1 bulan penuh. Untuk itu, tentunya kita harus senantiasa selalu menjaga kesehatan dan asupan makanan selama menjalankan ibadah puasa agar tubuh tetap sehat dan bugar. Dan berikut adalah beberapa tips agar tubuh tetap sehat meskipuns edang berpuasa, diantaranya:

Perbanyak Konsumsi Makanan Berserat

Saat sahur, kita sangat disarankan untuk memakan makanan yang berserat seperti sayuran, buah, dan biji-bijian. Jenis makanan ini tentunya sangat bagus untuk pencernaan sehingga nantinya tidak ada kotoran yang menumpuk di bagian pencernaan. Selain itu, makanan berserat juga mempunyai kecenderungan memberikan efek kenyang pada waktu yang cukup lama.

Hindari Makanan Yang Terlalu Berat Saat Sahur

Kebanyakan orang berpikir bahwa agar kita kuat sepanjang hari berpuasa maka harus memakan hidangan yang terlalu berat. Misalnya seperti makanan berlemak dan bersantan, padahal makanan tersebut akan menyebabkan kita begah pada saat pagi hari. Melakukan kebiasaan ini juga dapat menyebabkan perut menjadi sakit, karena kondisi ini dapat meningkatkan asam lambung. Jadi seharusnya, kita memakan makanan yang sewajarnya untuk saat sahur seperti halnya lauk sayur atau ikan juga dengan porsi yang secukupnya.

Berolahraga Ringan

Perlu Anda ketahui bahwa mejaga kebugaran saat puasa merupakan hal penting ketika berpuasa. Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki atau bersepeda santai. Dan ada baiknya hal tersebut Anda lakukan setelah berbuka puasa karena nantinya jika terlalu serius berolahraga malah dapat membatalkan puasa karena kelelahan. Dengan kita melakukan olahraga ringan maka akan bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh serta melancarkan aliran darah.

Hindari Makan Berlebih Saat Buka Puasa

Perhatikan pola makan saat berbuka puasa, hindari memakan makanan secara berlebihan. Karena perut kosong selama puasa dapat mengakibatkan menumpuknya gas berlebih atau asam lambung yang meningkat secara drastis. Hal ini juga dapat menyebabkan sakit perut dan efek makan terlalu kenyang akan membuat kita mengantuk. Sehingga nantinya aktivitas sehabis berbuka puasa menjadi terganggu, jadi usahakan untuk makan secukupnya.

Minum Air Putih

Dalam sehari manusia membutuhkan setidaknya 2 liter atau 8 gelas air putih untuk memenuhi asupan cairan tubuh. Dan untuk menghindari dehidrasi saat berpuasa maka kita harus mengatur asupan cairan yang masuk pada tubuh kita. Jika kita minum terlalu banyak saat sahur nantinya akan membuat kita susah beraktivitas pada pagi hari atau saat berbuka.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips sehat di bulan Ramadhan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

Tips Sehat di Bulan Ramadhan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment