Thursday, May 23, 2019

Manfaat Kandungan Tomat Untuk Ibu Hamil

Manfaat Kandungan Tomat Untuk Ibu Hamil - Selamat bergabung kembali bersama kami di website Kesehatan resmi yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar dunia kesehatan dan pengobatan herbal. Adapun pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan informasi mengenai manfaat kandungan tomat untuk ibu hamil. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut.

Manfaat Kandungan Tomat Untuk Ibu Hamil


Tomat merupakan salah satu buah yang memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan khusunya ibu hamil. Ibu hamil dapat mengkonsumsi tomat secara mentah, direbus, atau diolah bersama bahan makanan lainnya. Mengkonsumsi tomat dengan cara diolah terlebih dahulu sangat disarankan untuk ibu hamil karena bisa mengurangi potensi adanya substansi berbahaua yang menempel pada tomat.

Berikut adalah beberapa manfaat kandungan tomat untuk ibu hamil, diantaranya:

Vitamin A

Setiap ibu hamil tentunya membutuhkan vitamin A sebanyak 77 mikro gram atau sekitar 2,566 IU setiap harinya. Dan bagi ibu hamil, terpenuhinya vitamin A akan membantu memperbaiki jaringan setelah persalinan dan menjaga fungsi penglihatan normal serta membantunya melawan serangan infeksi. Namun jika ibu hamil terlalu banyak mengkonsumsi vitamin A akan terjadi masalah karena bisa menyebabkan bayi lahir cacat dan juga menderita keracunan hati.

Vitamin C

Kandungan vitamin C dalam tomat dapat membantu penyerapan zat besi hingga 30%. Ketika kebutuhan zat besi yang besar maka vitamin C sangat dibutuhkan untuk membantu proses penyerapan zat besi. Zat besi sendiri sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk membentuk plasenta dan sel darah merah. Pada setiap harinya, kebutuhan zat besi ibu hamil bisa mencapai 1040 mg.

Kalsium

Pada umumnya, ibu hamil akan membutuhkan asupan kalsium yang lebih tinggi dari pada orang lain. Dalam sehari, ibu hamil membutuhkan kalsium sebesar 1,5 g/hari. Jika kebutuhan asupan kalsium ibu hamil kurang terpenuhi maka akan mengakibatkan masalah seperti kram, pengeroposan tulang, pertumbuhan janin tidak sempurna, dan perkembangan bayi terhambat. Supaya terhidar dari hal tersebut, konsumsi tomat dalam berbagai jenis olahan dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan kalsium bagi ibu hamil.

Likopen

Likopen merupakan golongan antioksidan yang kuat yang dapat mencegah dan memperlambat beberapa jenis kanker. Sebuah penelitian melaporkan bahwa likopen sangat bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker payudara dan kanker prostat.

Tomat memiliki kadar antioksidan yang tinggi, sehingga berperan penting dalam meningkatkan komunikasi antar sel, dimana hal ini akan membantu meningkatkan gap junction antar sel. Perkembangan siklus sel akan lebih baik dalam membantu pembentukan sel-sel janin.

Karbohidrat

Kebutuhan kalori pada ibu hamil sangatlah besar. Sekitar 60% kalori berasal dari karbohidrat. Karbohidrat ini akan sangat membantu pembentukan energi sedangkan energi sangat butuh dalam proses pembentukan plasenta, pembentukan pembuluh darah, sel-sel janin, metabolisme tubuh serta cadangan lemak.

Itulah beberapa manfaat kandungan tomat untuk ibu hamil. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

Manfaat Kandungan Tomat Untuk Ibu Hamil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment