Friday, May 17, 2019

Tips Mengatasi Lapar Saat Puasa

Tips Mengatasi Lapar Saat Puasa - Selamat bergabung kembali bersama kami di website Kesehatan resmi yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar dunia kesehatan dan pengobatan herbal. Adapun pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan informasi mengenai tips mengatasi lapar saat puasa. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut.

Tips Mengatasi Lapar Saat Puasa


Rasa lapar dan haus merupakan hal wajar terjadi di bulan puasa. Namun untuk sebagian orang, rasa lapar dan haus ini kadang terasa jauh lebih terasa. Pakar kesehatan menyebut ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya misalnya aktivitas yang berat atau kurang baiknya asupan makanan dan minuman saat sahur.

Dan jika kita sering merasakan sensasi lapar atau bahkan lemas saat berpuasa, kemungkinan kita tidak akan bisa melakukan aktivitas harian dengan baik. Oleh sebab itu, berikut kami akan sajikan beberapa tips mengatasi lapar saat puasa, diantaranya:

Konsumsi Madu Sebagai Penambah Energi

Pakar kesehatan sangat menyarankan kita untuk mengkonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi yang sangat seimbang yakni dengan menyediakan karbohidrat sebagai sumber energi, protein, serat, dan lemak saat sahur untuk memastikan tubuh tetap kuat selama berpuasa dan tidak mudah merasa lapar. 

Dan jika diperlukan kita bisa mengkonsumsi madu yang tinggi akan kandungan vitamin dan mineral yang akan membuat stamina atau daya tahan tubuh meningkat saat berpuasa. Selain itu, kita juga bisa mengkonsumsi beberapa butir kurma untuk menambah energi saat sahur.

Hindari Tidur Berlebihan

Meskipun dapat menghemat energi, terlalu banyak tidur atau malas-malasan di bulan puasa justru akan membuat tubuh terasa lebih mudah lelah dan lesu. Oleh sebab itu, lakukanlah aktivitas seperti biasa saja. Dan jika memang ingin tidur, lakukanlah di jam tidur siang dengan durasi yang biasa saja demi menjaga energi tubuh.

Memilih Makanan Yang Tepat Saat Sahur

Pada umumnya, apa yang kita makan bisa memberikan pengaruh yang besar bagi kondisi tubuh. Hal ini berarti, apa yang kita konsumsi saat juga akan mempengaruhi energi atau kemampuan kita saat berpuasa. Contohnya, jika kita mengkonsumsi bubur atau mie, maka resiko untuk lebih mudah lapar pun akan semakin meningkat.

Mengkonsumsi mie instan saat sahur memang cukup praktis, namun makanan ini sebenarnya tidak akan menyediakan energi yang cukup untuk berpuasa seharian. Sehingga kita pun akan lebih mudah merasa lapar saat berpuasa.

Pastikan Untuk Mencukupi Kebutuhan Air Minum Saat Sahur dan Berbuka

Perlu Anda ketahui jika tubuh kita kurang asupa air saat sahur dan setelah berbuka, maka kita akan merasakan gejala dehidrasi seperti haus atau tubuh yang lemas. Dalam beberapa kasus, kondisi tubuh yang lemas ini sering di salah artikan oleh otak sebagai tubuh yang sedang membutuhkan sumber energi yang baru sehingga juga akan memicu datangnya rasa lapar.

Pakar kesehatan menyarankan agar kita mengkonsumsi air putih setidaknya 2 atau 3 gelas saat sahur dan mencukupi kebutuhan sekitar 5-6 gelas saat berbuka puasa hingga waktu tidur tiba. Hal ini bertujuan untuk mencukupi air putih harian dibulan puasa.

Demikianlah informasi mengenai tips mengatasi lapar saat puasa. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

Tips Mengatasi Lapar Saat Puasa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment