Wednesday, May 15, 2019

Tips Agar ASI Tetap Lancar Meski Sedang Berpuasa

Tips Agar ASI Tetap Lancar Meski Sedang Berpuasa - Selamat bergabung kembali bersama kami di website Kesehatan resmi yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar dunia kesehatan dan pengobatan herbal. Adapun pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan informasi mengenai tips agar ASI tetap lancar meski sedang berpuasa. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut.

Tips Agar ASI Tetap Lancar Meski Sedang Berpuasa


Pada umumnya banyak ibu menyusui yang bimbang untuk menjalankan puasa pada bulan Ramadhan. Namun, selama Anda sehat dan mampu untuk berpuasa selama bulan Ramadhan meskipuns sedang menyusui, Anda bisa melakukannya. Karena kualitas ASI akan tetap terjaga karena tubuh punya caranya sendiri untuk menyesuaikan meski tanpa makan dan minum sekitar 13 jam.

Pasalnya, menjalankan puasa tidak akan menganggu kelancaran produksi ASI pada ibu menyusui. Itu sebabnya tidak ada larangan bagi ibu menyusui yang kondisi fisiknya sehat, untuk berpuasa selama satu bulan penuh.

Nantinya zat gizi makro maupun mikro yang Anda makan saat sahur dan berbuka, akan di bagi berdasarkan kebutuhannya. Ada yang digunakan dan disimpan sebagai energi tubuh, sementara sisanya nanti akan diberikan untuk bayi melalui ASI.

Dan berikut adalah beberapa tips agar ASI tetap lancar meski sedang berpuasa, diantaranya:

Istirahat Yang Cukup

Banyak sekali ibu menyusui yang mengalami kurang tidur saat puasa. Hal ini dikarenakan harus bangun ditengah malam saat bayi lapar dan ingin menyusui, kemudian akan bangun lagi untuk makan sahur. Minimnya waktu tidur, biasanya akan membuat ibu menyusui kurang tidur dan menjadi mudah lelah. Oleh sebab itu, Anda harus sebisa mungkin mengoptimalkan waktu istirahat Anda setiap harinya. 

Banyak Mengkonsumsi Makanan Yang Menudukung Pengeluaran ASI

Terdapat beberapa jenis makanan yang dipercaya dapat membantu melancarkan produksi ASI. Salah satunya yaitu sumber makanan yang terkenal karena manfaatnya dalam memproduksi ASI seperti sayur-sayuran, khususnya sayuran berwarna hijau misalnya bayam, daun kelor dan daun katuk.

Selain itu, kacang almond, biji wijen, kacang arab (chickpeas), minyak atau biji rami (flaxseed), serta jahe juga dinilai baik untuk membantu produksi ASI. Sehingga Anda tidak perlu lagi khawatir karena rasa alami dari sumber makanan tersebut tidak akan memengaruhi rasa ASI yang diminum bayi.

Penuhi Kebutuhan Cairan Saat Sahur dan Berbuka

Perlu Anda ketahui bahwa kekurangan cairan yang parah atau dehidrasi bisa membuat pasokan ASI mengalami penurunan. Alhasil, kondisi tertentu akan menghambat proses pemberian ASI untuk si kecil. Sehingga tidak menutup kemungkinan, jika jumlah ASI yang dihasilkan akan jauh lebih sedikit atau tidak sebanyak biasanya. Kalau sudah begitu, tentunya asupan ASI bayi menjadi kurang optimal untuk memenuhi kebutuhan hariannya.

Dehidrasi juga akan mengancaukan kadar normal gula, garam, serta berbagai mineral penting lainnya. Sehingga kondisi ini akan membuat berbagai fungsi organ-organ tubuh menjadi terganggu, bahkan bisa menimbulkan efek  buruk pada tubuh.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda perlu memperbanyak minum cairan saat sahur dan berbuka guna memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Dengan begitu, produksi ASI pun akan tetap tercukupi dengan baik saat berpuasa.

Itulah informasi mengenai tips agar ASI tetap lancar meski sedang berpuasa. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

Tips Agar ASI Tetap Lancar Meski Sedang Berpuasa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment