Wednesday, May 29, 2019

Jenis Sayuran Untuk Penderita Asam Urat

Jenis Sayuran Untuk Penderita Asam Urat - Selamat bergabung kembali bersama kami di website Kesehatan resmi yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar dunia kesehatan dan pengobatan herbal. Adapun pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan informasi mengenai jenis sayuran untuk penderita asam urat. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut.

Jenis Sayuran Untuk Penderita Asam Urat


Penyebab dari penyakit asam urat adalah karena meningkatnya zat asam urat di dalam tubuh. Zat asam urat sendiri berasal dari kebiasaan mengkonsumsi makanan tinggi purin. Biasanya, makanan yang memiliki banyak kandungan purin adalah jeroan, daging merah, dan makanan laut. Sementara ada beberapa jenis sayuran seperti bayam dan daun singkong yang juga memiliki kandungan purin meskipun jumlahnya tidak begitu tinggi.

Masih banyak penderita asam urat yang enggan untuk mengkonsumsi sayuran. Hal ini karena mereka percaya bahwa beberapa jenis sayuran tertentu bisa menyebabkan gejala serangan penyakit ini muncul. Namun kenyataannya, ada beberapa jenis sayuran yang aman dikonsumsi oleh penderita asam urat. Berikut adalah beberapa jenis sayuran untuk penderita asam urat.

Brokoli

Brokoli dikenal dengan sayuran yang tinggi akan kandungan serat dan vitamin C. Rutin mengkonsumsi brokoli diketahui bisa membantu penderita asam urat untuk menurunkan kadar zat asam urat di dalam tubuh dengan efektif. Dan pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengkukus brokoli untuk mendapatkan manfaat sehatnya dengan maksimal.

Kentang

Pada umumnya kentang sering dijadikan sebagai makanan untuk mereka yang sedang menjalankan program diet atau penurunan berat badan. Namun ternyata, kentang juga bisa menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh. Hal ini karena kentang sangat kaya akan kandungan vitamin C. Selain itu, kentang juga merupakan makanan yang rendah akan kandungan purin.

Jamur

Kebanyakan orang sering menjadikan jamur sebagai pengganti daging karena memiliki rasa yang enak. Namun tak disangka, jika ternyata jamur yang tinggi akan kandungan serat dan rendah kalori ini juga bisa membantu menurunkan kadar zat asam urat di dalam tubuh dengan efektif.

Kacang-kacangan

Anda juga bisa menjadikan berbagai jenis kacang-kacangan sebagai bahan campuran sayuran atau camilan yang cocok dikonsumsi oleh penderita asam urat. Kacang juga memiliki kandungan purin yang cukup rendah dan bisa dijadikan sebagai sumber protein sehat yang tentunya akan membuat kondisi kesehatan jauh lebih baik.

Jagung

Selain menjadi sumber karbohidrat, jagung juga bisa kita temukan di dalam beberapa jenis olahan sayur seperti sop atau sayur asem. Jagung memiliki kandungan senyawa elektrolit layaknya kalium yang menyehatkan. Selain itu, jagung juga memiliki sifat diureutik yang berarti akan meningkatkan frekuensi buang air kecil sekaligus membantu proses peluruhan zat asam urat di dalam tubuh dengan efektif.

Itulah beberapa jenis sayuran untuk penderita asam urat. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

Jenis Sayuran Untuk Penderita Asam Urat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment