Monday, May 27, 2019

Manfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan - Selamat bergabung kembali bersama kami di website Kesehatan resmi yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar dunia kesehatan dan pengobatan herbal. Adapun pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan informasi mengenai manfaat buah kesemek bagi kesehatan. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut.

Manfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan


Buah kesemek merupakan salah satu jenis buah yang masuk dalam marga Diospyros, buah kesemek sendiri memiliki nama ilmiah Diospyros kaki. Selain dikenal dengan nama buah kesemek, buah ini juga dikenal dengan sebutan buah kaki, Japanese persimmon, oriental persimmon, dan apel Jawa karena bentuknya yang mirip dengan buah apel dan banyak tumbuh di area pulau jawa.

Buah ini berwarna hijau saat masih muda, dan akan berubah menjadi oranye saat sudah matang. Kandungan tanin yang terdapat dalam buah kesemek ini akan membuat rasa buah ini sepat saat masih muda, namun seiring dengan masaknya buah, kadar zat tanin akan berkurang sehingga rasa sepat tersebut akan menghilang dan berubah menjadi manis.

Karena banyaknya kandungan vitamin dan sejumlah zat lainnya, buah kesemek ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat buah kesemek bagi kesehatan, diantaranya:

Menjaga Kesehatan Mata

Anda bisa merawat kesehatan mata dengan cara mengkonsumsi buah kesemek secara rutin. Manfaat buah kesemek bagi kesehatan mata ini diperoleh dari kandungan vitamin A yang terkandung di dalamnya. Sehingga beberapa gangguan kesehatan mata seperti kerusakan retina dan katarak dapat dicegah dengan memakan buah kesemek ini.

Mengatasi Hipertensi

Buah kesemek juga sangat bermanfaat dalam mengatasi hipertensi dan merawat kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan kesemek mengandung mineral yang bernama kalium yang memiliki fungsi untuk menurunkan tekanan darah di dalam tubuh.

Mencegah Kanker

Tak banyak yang tahu, jika ternyata buah kesemek ini memiliki manfaat yang dapat mencegah kanker. Manfaat buah kesemek untuk mencegah kanker ini karena buah ini mengandung zat antioksidan dan fitronutrien yang berfungsi untuk melawan radikal bebas sebagai pemicu tumbuhnya sel kanker.

Mengatasi Ambeien dan Wasir

Manfaat buah kesemek bagi kesehatan yang lainnya adalah untuk mengatasi ambeien dan wasir. Hal ini tentu saja karena buah kesemek memiliki kandungan zat yang bersifat anti-haemorhoid yang memiliki fungsi untuk mengobati kedua jenis penyakit ini.

Menambah Stamina

Jika tubuh Anda merasa kurang bertenaga dan mudah merasa lelah, cobalah untuk mengkonsumsi buah kesemek ini, baik secara langsung atau dapat diolah menjadi jus kesemek. Perlu Anda ketahui bahwa buah kesemek ini merupakan buah yang kaya akan sumber energi bagi tubuh, hal ini karena buah kesemek ini mengandung vitamin B yang berfungsi untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Mengatasi Stres

Manfaat buah kesemek bagi kesehatan yang selanjutnya adalah dapat mengatasi stres. Hal ini dikarenakan buah kesemek memiliki kadungan gula dan potassium yang berfungsi dalam meningkatkan kadar insulin di dalam tubuh, sehingga tubuh akan senantiasa dipenuhi dengan energi dan tidak mudah lelah.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat buah kesemek bagi kesehatan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

Manfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment