Friday, May 17, 2019

Cara Mencegah Mual Saat Puasa

Cara Mencegah Mual Saat Puasa - Selamat bergabung kembali bersama kami di website Kesehatan resmi yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar dunia kesehatan dan pengobatan herbal. Adapun pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan informasi mengenai cara mencegah mual saat puasa. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut.

Cara Mencegah Mual Saat Puasa


Mual saat puasa tentunya akan sangat menganggu aktivitas dan kekhusuan kita menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan ini. Dan mungkin Anda akan malas makan sahur karena begitu makanan masuk, Anda serasa ingin muntah. Sementara jika Anda tidak makan, tubuh akan merasa lemas tak bertenaga karena tidak ada pasokan energi dari makanan. Nah, agar puasa berjalan lanca, berikut kami sajikan beberapa cara mencegah mual saat puasa, diantaranya:

Kunyah Makanan Secara Perlahan

Sebaiknya Anda kunyah makanan dengan perlahan untuk membantu tubuh melakukan pencernaan. Dengan begitu, Anda bisa segera tidur tanpa ada perasaan tidak nyaman.

Minum Air Hangat

Cara yang selanjutnya adalah cobalah minum air hangat agar perut menjadi lebih nyaman. Anda disarankan untuk meminum air putih hangat atau dicampur dengan jahe.

Hindari Makanan Pedas

Rmpah-rempah dan makanan pedas umumnya bisa mengiritasi lambung serta lapisan perut dan kecenderungan gangguan pencernaan, mual, dan mulas. Jika Anda mengetahui bahwa rempah-rempah menganggu puasa Anda, makan gunakan bumbu dan rempah-rempah yang tingan dan tidak pedas, karena itu tidak akan menyebabkan ketidaknyamanan pada perut Anda.

Jangan Langsung Berbaring Setelah Makan

Setelah makan mungkin Anda akan mengantuk, namun jangan berburu-buru untuk tidur karena hal tersebut dapat menyebabkan mual. Tunggulah setidaknya 2 jam setelah makan untuk membantu mencegah refluks. Cara ini dapat membantu makanan sepenuhnya melewati pencernaan untuk menghindari mual dan gangguan pencernaan.

Hindari Minuman Berkafein

Menurut para ahli, minum minuman berkafein dapat menyebabkan mual, pusing, kelelahan, nyeri otot, dan mudah marah. Mual saat puasa merupakan gangguan besar dan terkadang bisa berlangsung beberapa saat. Jadi berhati-hatilah dengan berapa banyak kafein yang Anda konsumsi setiap harinya.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara mengatasi mual saat puasa. Semoga informsasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

Cara Mencegah Mual Saat Puasa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment