Tuesday, May 21, 2019

Mengenal Kandungan Gizi Pada Buah Melon

Kandungan Gizi Pada Buah Melon - Selamat bergabung kembali bersama kami di website Kesehatan resmi yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar dunia kesehatan dan pengobatan herbal. Adapun pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan informasi mengenai kandungan gizi pada buah melon. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut.

Mengenal Kandungan Gizi Pada Buah Melon


Buah melon merupakan salah satu jenis buah yang memiliki banyak penggemar dan juga mudah diperoleh  baik di pasar tradisional, swalayan, atau penjual buah di pinggir jalan. Namun belakang ini buah melon telah menjadi sorotan karena tercemar bakteri liseria yang berbahaya. Padahal buah ini adalah buah yang kaya akan kandungan zat gizi.

Karena beredarnya isu tersebut, kita pun tentu menjadi khawatir untuk mengkonsumsinya. Namun, Kementrian Pertanian melalui Badan Karantina Pertanian (Barantan) menyebutkan bahwa untuk menghindari terpaparnya bakteri tersebut, kita sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah melon lokal.

Perlu Anda ketahui bahwa dengan mengkonsumsi buah melon kita akan mendapatkan berbagai jenis vitamin dan mineral. Hal ini karena melon memiliki beberapa kandungan gizi yang unggul. Berikut adalah beberapa kandungan gizi yang terdapat dalam melon, diantaranya:

Vitamin A

Pada 100 gram buah melon, kita dapat memperoleh 3300 IU vitamin A. Angka ini tentunya 3x lebih tinggi di bandingkan dengan buah semangka pada berat yang sama. Seperti yang kita ketahui, vitamin A ini sangat bermanfaat untuk kesehtan mata.

Kalium

Kalium dalam tubuh sangat berguna untuk mengatur fungsi otot dan tekanan darah. Kandungan kalium pada 4 potong sedang buah lemon adalah sebanyak 267 mg angka ini tentunya 2x lebih tinggi di bandingkan dengan buah semangka.

Vitamin C

Vitamin C yang terdapat pada buah melon adalah 35 mg per 100 gram. Angka tersebut tentunya lebih tinggi di bandingkan dengan buah semangka dengan berat yang sama. Vitamin C berfungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh agar terhindari dari berbagai jenis penyakit.

Serat

Meskipun tidak setinggi kandungan buah yang kaya serat seperti apel, namun kandungan serat pada 100 gram buah apel adalah 0,9 gram yang lebih tinggi 0,5 gram di bandingkan dengan semangka. Seperti yang kita dengar bahwa serat sangat penting sekali untuk tubuh kita terutama untuk melancarkan penceranaan.

Terdapat berbagai jenis vitamin dan mineral pada buah melon. Kandungan tersebut akan kita peroleh jika kita mengkonsumsi buah melon yang aman, untuk itu pilih buah melon yang lokal.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai kandungan gizi pada melon. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

Mengenal Kandungan Gizi Pada Buah Melon Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment