Wednesday, May 15, 2019

Cara Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

Cara Menurunkan Berat Badan Saat Puasa - Selamat bergabung kembali bersama kami di website Kesehatan resmi yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar dunia kesehatan dan pengobatan herbal. Adapun pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan informasi mengenai cara menurunkan berat badan saat puasa. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut.

Cara Menurunkan Berat Badan Saat Puasa


Apakah Anda salah satu orang yang sedang menjalani diet tapi hasilnya masih belum maksimal? Bulan Ramadhan ini bisa menjadi momen yang tepat untuk Anda menjalani diet. Berikut kami sajikan beberapa cara menurunkan berat badan saat puasa, diantaranya:

Hindari Makanan dan Minuman Yang Manis

Meskipun sebaiknya saat berbuka puasa, Anda mengkonsumsi makanan yang manis untuk mengembalikan energi, tetapi Anda jangan terlena sampai kebanyakan. Karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis justru akan menyimpan lemak dalam tubuh yang tentunya akan mengacaukan diet Anda.

Pasalnya saat berpuasa, produksi insulin tubuh akan mengalami penurunan. Padahal insulin ini berfungsi untuk mengubah gula menjadi sumber energi. Jika gula tak bisa diubah menjadi energi, makan tubuh akan menyimpan dalam bentuk lemak. Itulah sebabnya hidangan manis saat berpuasa bisa bikin Anda menjadi gemuk.

Perbanyak Makan Serat dan Protein Saat Sahur dan Buka

Ketika Anda menyantap sahur dan berbuka, pastikan makanan Anda kaya akan serat dan protein. Dari pada memakan makanan tinggi kalori, serat akan diserap dan dicerna oleh tubuh dalam waktu yang lebih lama. Sehingga Anda pun akan merasa kenyang sepanjang hari tanpa dan mencegah kelaparan selama puasa.

Makanan yang tinggi akan serat dan protein juga dapat membantu menekan nafsu makan sehingga ketika waktunya makan malam setelah berbuka puasa, Anda tidak akan kalap dan malah kebanyakan makan.

Perbanyak Minum Air

Pastikan tubuh Anda meminum banyak air selama bulan puasa, setidaknya minumlah 8 gelas perhari. Gunakan rumus 2-4-2 yaitu 2 gelas saat sahur, 2 gelas ketika berbuka, 2 gelas setelah tarawih dan 2 gelas sebelum tidur.

Penelitian mengungkapkan bahwa minum air putih bisa meningkatkan metabolisme tubuh samapai 30%. Semakin cepat metabolisme tubuh Anda bekerja, maka semakin banyak pula lemak dan kalori yang dibakar oleh tubuh.

Tetap Berolahraga

Jangan jadikan puasa menjadi alasan Anda malas untuk berolahraga. Karena berolahraga bisa menjadi salah satu cara menurunkan berat badan saat puasa yang efektif. Biasanya tubuh akan menghasilkan energi dari pembakaran glukosa (gula). Namun, ketika berpuasa dan tidak mendapatkan asupan glukosa selama berjam-jam, maka tubuh akan mencari sumber energi lainnya yaitu cadangan lemak. Maka, berolahraga saat puasa bisa menjadi pemicu Anda untuk membakar lemak berlebih dalam tubuh.

Tidur Yang Cukup

Tidur juga bisa menjadi salah satu cara menurunkan berat badan yang manjur saat berpuasa. Karena pasalnya, kurang tidur saat puasa akan mengacaukan sistem metabolisme Anda. Akibatnya, tubuh tidak akan membakar cadangan lemak secara efektif. Disamping itu, kurang tidur juga dapat meningkatkan kadar hormon ghrelin yang menyebabkan nafsu makan bertambah. 

Menjaga Porsi Makan Saat Berbuka

Saat berpuasa, Anda tetap haru menjaga porsi sahur dan berbuka puasa. Karena makan dengan porsi berlebihan dapat meningkatkan gula darah secara tiba-tiba. Padahal saat puasa, tubuh tidak memproduksi banyak insulin ketika puasa. Gula pun hanya akan diubah menjadi lemak dalam tubuh.

Itulah beberapa cara menurunkan berat badan saat puasa. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih. 

Cara Menurunkan Berat Badan Saat Puasa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment