Friday, May 17, 2019

Kebiasaan Buruk Saat Puasa Yang Menyebabkan Tubuh Mudah Sakit

Kebiasaan Buruk Saat Puasa - Selamat bergabung kembali bersama kami di website Kesehatan resmi yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar dunia kesehatan dan pengobatan herbal. Adapun pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan informasi mengenai kebiasaan buruk saat puasa. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut.

Kebiasaan Buruk Saat Puasa Yang Menyebabkan Tubuh Mudah Sakit


Puasa satu bulan penuh selama bulan Ramadhan diketahui akan memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Menurut Dr. Razeen Mahroof dari University of Oxford di Inggris mengungkapkan bahwa selain dapat menurunkan berat badan, puasa juga dapat membantu mengurangi tingkat kolestrol dan membantu membuang racun-racun yang bersarang di dalam tubuh. Selain itu, puasa juga bisa membuat daya tahan tubuh Anda semakin kuat. Namun semua itu tidak bisa kita peroleh jika masih melakukan kebiasaan buruk yang tak disadari bahwa kita melakukannya selama puasa.

Berikut adalah beberapa kebiasaan buruk saat puasa yang bisa menyebabkan tubuh mudah sakit, diantaranya:

Makan Berlebihan Saat Berbuka

Berbuka puasa merupakan waktu yang dinanti-nanti karena saat berbuka Anda bisa menyantap berbagai jenis makanan yang Anda inginkan setelah seharian penuh berpuasa. Namun, ada banyak orang yang memuaskan nafsunya untuk memakan banyak makanan tanpa memikirkan efek setelahnya. Karena jika kita langsung makan dalam porsi yang besar dan banyak setelah berbuka puasa akan menyebabkan masalah pada asam lambung.

Oleh sebab itu, para ahli menganjurkan agar kita tetap mengendalikan diri saat berbuka. Anda bisa berbuka dengan memakan kurma dan air hangat saat awal untuk berbuka. Setelah itu, barulah mengkonsumsi makanan utama dengan porsi yang sesuai, tidak terlalu banyak dan juga tidak terlalu sedikit.

Melewatkan Makan Sahur

Saat berpuasa, jam makan tentunya akan mengalami perubahan. Anda akan makan pada saat sahur dan berbuka puasa. Sahur sama halnya dengan sarapan sehingga sahur ini sama pentingnya dengan sarapan dan sebaiknya Anda tidak melewatkannya. Karena pasalnya, saat sahur Anda sedang mengisi bahan bakar yang dibutuhkan tubuh selama seharian.

Makan sahur akan membantu tubuh tetap terhidarasi dan berenergi sepanjang hari hingga waktu berbuka tiba. Jika Anda melewatkan sahur, akan ada kemungkinan aktivitas Anda mengalami hambatan karena rasa lemas yang dirasakan akibat tidak sahur.

Begadang

Kebiasaan buruk saat puasa lainnya yaitu begadang. Saat puasa Anda akan mengalami sedikit perubahan pada jam tidur, karena harus bangung lebih pagi untuk sahur.

Untuk itu, kebiasaan begadang yang Anda lakukan harus dihentikan. Karena kurang tidur akan menyebabkan lemahnya sistem kekebalan tubuh. Jika sistem kekebalan tubuh lemah, maka tubuh pun akan kesulitan untuk melawan infeksi dari luar yang akan membuat Anda gampang sakit.

Untuk itu, Anda sangat disarankan tidur 7 hingga 8 jam agar tubuh dapat bekerja dengan baik dan kesehatan pun tidak akan terganggu.

Langsung Tidur Setelah Sahur

Kebiasaan buruk lainnya saat puasa yang biasa dilakukan adalah langsung tidur setelah santap sahur. Perlu Anda ketahui bahwa langsung tidur setelah sahur akan menyebabkan berbagai masalah pada kesehatan seperti akan membuat asam lambung naik ke kerongkongan.

Kondisi tersebut bisa mengakibatkan rasa panas seperti terbakar di dada dan dapat merusak selaput lendir di kerongkongan. Akibatnya, Anda akan mengalami masalah pada saluran pencernaan bagian atas.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai kebiasan buruk saat puasa yang dapat menyebabkan tubuh mudah sakit. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

Kebiasaan Buruk Saat Puasa Yang Menyebabkan Tubuh Mudah Sakit Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment