Monday, May 20, 2019

Bahaya Konsumsi Kurma Berlebih Saat Berbuka Puasa

Bahaya Konsumsi Kurma - Selamat bergabung kembali bersama kami di website Kesehatan resmi yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar dunia kesehatan dan pengobatan herbal. Adapun pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan informasi mengenai bahaya konsumsi kurma. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut.

Bahaya Konsumsi Kurma Berlebih Saat Berbuka Puasa 


Kurma adalah salah satu buah yang sering dikonsumsi ketika berbuka puasa. Tak hanya sesuai dengan sunah nabi, buah kurma juga disebut memiliki kandungan yang menyehatkan dan sangat baik untuk tubuh setelah melakukan ibadah puasa seharian. Namun begitu, Anda sangat tidak disarankan mengkonsumsi kurma secara berlebihan.

Kurma memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi, satu porsi kecil kurma medjool bisa membuat kita mengkonsumsi 111 kalori. Dan jika kita mengkonsumsi kurma secara berlebihan, maka kalori yang kita konsumsi akan sangat berlebihan dan hal ini tentunya bisa memicu kenaikan berat badan.

Mengkonsumsi kurma dalam porsi berlebihan, terlebih jika menjadikannya sebagai camilan juga akan beresiko membuat tubuh rentan terkena penyakit berbahaya seperti diabetes, penyakit jantung atau obesitas yang akan meningkat secara signifikan. Hal ini dapat terjadi karena tingginya kadar glikemik dari buah ini. Mengkonsumsi kurma bisa membuat kadar gula darah melonjak dengan cepat. 

Kurma memang buah yang kaya akan serat, namun jika dikonsumsi berlebihan kandungan, kandungan serat yang dikonsumsi juga akan berlebihan sehingga bisa menyebabkan masalah pencernaan seperti perut kembung karena produksi gas berlebih. Tak hanya itu, rasa kurma yang manis karena memilik kandungan gula alami ini juga sangat tinggi dan bisa memicu munculnya sakit perut atau diare.

Pakar kesehatan Dr. Eko Budidharmaja menyebutkan bahwa jika kita mengkonsumsi kurma sebagai hidangan pembuka, maka ada baiknya kita membatasi satu atau dua porsi saja dengan ukuran 28 hingga 56 gram. Dengan mengkonsumsinya, maka kita hanya akan mendapatkan 78-156 kalori yang dianggap masih aman bagi kesehatan tubuh.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai bahaya makan kurma berlebih saat berbuka puasa. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

Bahaya Konsumsi Kurma Berlebih Saat Berbuka Puasa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment