Thursday, May 16, 2019

Pantangan Makanan Penderita Kolestrol Tinggi

Pantangan Makanan Penderita Kolestrol Tinggi - Selamat bergabung kembali bersama kami di website Kesehatan resmi yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar dunia kesehatan dan pengobatan herbal. Adapun pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan informasi mengenai pantangan makanan penderita kolestrol tinggi. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut.

Pantangan Makanan Penderita Kolestrol Tinggi


Para penderita kolestrol tinggi tentunya harus lebih cermat memilih jenis makanan apa saja yang boleh dikonsumsi saat berbuka puasa. Karena berbuka puasa dengan sembarang makanan akan menyebabkan kolestrol menjadi naik. Tak hanya makanan yang tinggi lemak saja, makanan yang mengandung gula atau yang telah melalui berbagai proses memasak pun juga berbahaya bagi penderita kolestrol.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang perlu Anda hindari ketika berbuka puasa, diantaranya:

Makanan Yang di Goreng

Gorengan merupakan salah satu makanan yang harus dihindari oleh penderita kolestrol, terutama bagi penderita kolestrol tinggi. Terutama jika proses menggoreng dilakukan dengan metode deep fry alias merendamnya dengan minyak. Proses menggoreng makanan dengan cara tersebut akan menghilangkan air dan menyedot lemak sehingga makanan menjadi lebih padat kalori.

Perlu Anda ketahui bahwa, kalori berlebih dalam tubuh akan diubah menjadi minyak. Dan beberapa jenis minyak juga mengandung banyak lemak trans yang berbahaya bagi kesehatan.

Makanan Yang Tinggi Gula

Mengkonsumsi makanan manis saat berbuka puasa memang disarankan, tetapi Anda harus menghindari makanan tinggi gula jika memiliki kolestrol tinggi. Hal ini karena asupan makanan tinggi gula dapat menyebabkan pertambahan berat badan, memicu naiknya kolestrol serta meningkatkan resiko diabetes.

Gula yang dimaksud bukan hanya gula yang berasal dari gula pasir yang kemudian ditambahkan ke dalam minuman. Terdapat beberapa jenis produk makanan yang juga mengandung gula tambahan dalam bentuk sirup jagung, konsentrat, fruktosa, sukorosa, atau pemanis buatan.

Makanan Cepat Saji

Banyak sekali orang yang sering mengandalkan makanan cepat sajik untuk berbuka puasa, hal ini mungkin karena proses pengolahannya yang tidak membutuhkan waktu lama. Padahal, makanan cepat saji seperti pizza, burger, ayam goreng, dan sejenisnya merupakan salah satu pantangan yang perlu dihindari oleh mereka yang menderita kolestrol tinggi.

Perlu Anda ketahui juga bahwa pembuatan dan pengolahan makanan cepat saji ini akan menghilangkan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Dan bahkan makanan jenis ini akan meningkatkan resiko penyakit jantung, diabetes dan obesitas.

Daging Olahan

Beberapa jenis daging olahan seperti bakso, nugget, kornet, sosis, dan berbagai macam jenis daging olahan lainnya adalah salah satu makanan yang juga harus dihindari oleh penderita kolestrol tinggi saat berbuka puasa.

Hal ini dikarenakan, produk-produk tersebut telah melewati proses pengolahan pabrik serta diberi bahan tambahan. Berbagai penelitian menunjukan bahwa hubungan antara konsumsi produk ini dengan resiko penyakit kronis. 

Untuk itu, Anda harus cermat dalam memilih menu untuk berbuka puasa. Lengkapilah menu berbuka puasa dengan makanan bergizi seimbang yang mengandung protein, karbohidrat, dan lemak dalam jumlah yang secukupnya.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai pantangan makanan penderita kolestrol tinggi. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

Pantangan Makanan Penderita Kolestrol Tinggi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment