Wednesday, May 29, 2019

Jenis Makanan Yang mengandung MSG Alami

Makanan Yang Mengandung MSG Alami - Selamat bergabung kembali bersama kami di website Kesehatan resmi yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar dunia kesehatan dan pengobatan herbal. Adapun pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan informasi mengenai makanan yang mengandung MSG alami. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut.

Jenis Makanan Yang mengandung MSG Alami


Pada umumnya kita hanya mengenal makanan yang asin, pahit, manis, dan asam. Namun ternyata ada satu rasa dasar yang cukup banyak dinikmati oleh banyak orang yaitu umami. Rasa umami sendiri merupakan salah satu penemuan hebat di Jepang ratusan tahun silam. Rasa umami sendiri hampir mirip dengan rasa daging. Rasa gurih dan asin menjadi salah satu bentuk dari umami yang memiliki b anyak sekali sumber.

Terdapat banyak sekali makanan dengan rasa umami atau mengandung asam glutamat. Dan masing-masing makanan tersebut memiliki manfaatnya sendiri untuk tubuh. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang mengandung MSG alami, diantaranya:

Rumput Laut

Rumput laut merupakan salah satu sumber dari rasa umami yang paling kaya. Itulah yang menjadi alasan masyarakat Jepang sering menggunakan kombu, ,yakni salah satu ganggang atau rumput laut untuk membuat aneka kaldu atau makanan. Kombu sangat kaya akan asam glutamat sehingga sering dikeringkan untuk dijual sebagai pengganti dari kaldu.

Daging

Pada umumnya semua jenis daging mengandung asam glutamat dalam jumlah yang banyak, sehingga tergolong makanan yang mengandung MSG alami. Asam glutamat sendiri sering dianggap sebagai penanda dari adanya protein sebuah makanan. Anda bisa mengkonsumsi semua jenis daging yang sesuai dengan prefensi khusunya rendah lemak.

Teh Hijau

Teh hijau juga mengandung asam glutamat dalam jumlah yang cukup banyak. Bahkan kandungan ini bisa 2 kali yang dimiliki oleh makanan lainnya. Oleh sebab itulah teh hijau ini sering dikonsumsi sebagai minuman penyergar di kala pagi ataupun malam hari.

Jamur

Jamur diketahui merupakan salah satu sumber asam glutamat yang sangat besar dan menjadi makanan yang mengandung MSG alami. Jamue sendiri bisa memberikan rasa meaty yang nikmat. Terdapat beberapa jenis jamur yang mengandung asam glutamat seperti truffle, enoki, shiitake, dan aneka jamur kering. Anda bisa mengolah jamur segar atau membuat kaldu dengan jamur yang kering untuk mendapatkan rasa umami.

Tomat

Tomat merupakan sumber rasa uamami terbesar selain rumput laut. Kandungan asam glutaman pada tomat ini diketahui akan meningkat seiring dengan kematangan buah yang sempurna. Selain itu, tomat yang dikeringkan juga akan memiliki rasa umami yang lebih banyak dan unik karena lebih berkontraksi dengan takaran yang sama.

Selain mengandung rasa umami, tomat juga merupakan buah yang mengandung banyak sekali nutrisi. Ada banyak sekali vitamin dan mineral yang bisa di dapatkan secara langsung atau saat diolah menjadi makanan seperti saus makanan atau jus.

Itulah beberapa jenis makanan yang mengandung MSG alami. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

Jenis Makanan Yang mengandung MSG Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment