Sunday, May 19, 2019

Manfaat Puasa Bagi Anak Yang Luar Biasa

Manfaat Puasa Bagi Anak - Selamat bergabung kembali bersama kami di website Kesehatan resmi yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar dunia kesehatan dan pengobatan herbal. Adapun pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan informasi mengenai manfaat puasa bagi anak. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut.

Manfaat Puasa Bagi Anak Yang Luar Biasa


Ramadhan merupakan bulan dimana umat muslim wajib menjalankan ibadan puasa selama satu bulan penuh. Namun, bagi anakn-anak yang belum mencapai aqil baligh tidak diwajibkan untuk berpuasa, tapi anak-anak juga bisa belajat menahan lapar dan haus agar mereka terbiasa di bulan Ramadhan yang berikutnya. Ternyata terdapat manfaat yang sangat luar biasa berpuasa bagi anak. Berikut adalah beberapa manfaat puasa bagi anak, diantaranya:

Membuang Racun

Manfaat puasa bagi anak yaitu dapat membuang racun dari tubuh, karena tubuh dibantu dalam memperbaiki sel dan memanfaatkan energi di area lain dalam tubuh. Tubuh juga akan membakar lemak sebagai energi yang pada akhirnya mengalami penurunan berat badan. Jika kita menjaga pola makan yang seimbang dengan benar selama bulan puasa, maka puasa dapat membersihkan kotoran dan detoksifikasi yang menyehatkan tubuh.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Seorang pakar kesehatan di bidang gizi menyebutkan bahwa berpuasa ternyata dapat memberikan manfaat positif bagi kesehatan anak. Daya tahan tubuh anakn saat berpuasa akan mengalami peningkatan sehingga anak tidak akan mudah jatuh sakit. Hal ini dikarenakan manfaat puasa bagi anak bisa mencegah datangnya stres osidatif pada tubuh sehingga anak tidak akan mudah terkena inflamasi atau peradangan yang bisa berlanjut menjadi penyakit.

Menyehatkan Fisik

Perlu Anda ketahui jika ternyata manfaat puasa bagi anak dapat melancarkan sistem pencernaan. Sistem pencernaannya akan memiliki waktu untuk beristirahat dan menghilangkan zat beracun dalam tubuh (detoksifikasi) melalui urine, feses, atau keringan. Detoksifikasi inilah yang nantinya akan membuat anak lebih sehat secara fisik.

Menguatkan Mental Anak

Puasa juga bisa menjadi salah satu waktu yang tepat untuk mengajarkan anak menjaga prilaku dengan mengedalikan emosi. Puasa dapat melatih anak untuk tidak gampang menangis jika keinginannya belum terpenuhi, tidak mudah rewel jika diganggu oleh teman sebayanya dan anak akan lebih sabar dalam keadaan tertentu. Manfaat puasa bagi anak juga bisa melatihnya menjadi lebih mandiri.

Mengendalikan Diri

Pada dasarnya seseorang mudah tergoda oleh berbagai gangguan, tanggung jawab, orang, emosi, dan pikiran yang nantinya akan membuat kita menjadi sulit untuk mengendalikan tindakan. Nah, manfaat berpuasa bagi anak adalah untuk mengajarkan anak dalam mengontrol dirinya terhadap berbagai macam godaan ketika sedang menahan haus dan lapar. Selain itu, puasa juga dapat membantu anak menumbuhkan rasa pengendalian diri dan kewaspadaan yang membuatnya mudah untuk tidak melakukan kebiasaan buruk selama Ramadhan.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat puasa bagi anak. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

Manfaat Puasa Bagi Anak Yang Luar Biasa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment