Saturday, April 27, 2019

Manfaat Terong Untuk Kesehatan

Manfaat Terong Untuk Kesehatan - Selamat bergabung kembali bersama kami di website Kesehatan resmi yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar dunia kesehatan dan pengobatan herbal. Adapun pada kesempatan kali ini kami akan menyajika informasi mengenai manfaat terong untuk kesehatan. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

Manfaat Terong Untuk Kesehatan


Terong merupakan salah satu makanan yang sangat umum ditemukan di Indonesia. Ada beberapa jenis terong yang biasa dikonsumsi dari mulai terong ungu, terong bulat, terong hijau, terong telunjuk, terong putih, terong belanda, dan leunca. Namun dari sekian banyaknya jenis terong, hanya terong ungu lah yang paling sering dikonsumsi dan paling mudah di dapat di pasaran.

Perlu Anda ketahui juga bahwa terong adalah buah yang sangat kaya akan kandungan nutrisi dan sangat baik dikonsumsi. Terong memiliki kandungan kalori dan glikemik indeks yang rendah, selain itu terong juga kaya akan kandungan antioksidan dan memiliki berbagai macam kandungan vitamin dan mineral.

Berikut adalah beberapa manfaat terong bagi kesehatan, diantaranya:

Mengontrol Kadar Gula Darah

Terong merupakan makanan yang tinggi akan kandungan serat, sehingga makanan ini sangat baik untuk menjaga kadar gula darah. Makanan tinggi serat seperti terong akan membantu proses pencernaan menjadi lebih lambar sehingga penyerapan gula juga melambat.

Terong juga mengandung polifenol yang merupakan antioksidan. Penelitian menunjukan bahwa polifenol dapat membantu mengurangi penyerapan gula dan meningkatkan sekresi insulin sehingga kadar gula darah pun akan tetap terkendali.

Mengontrol Kolestrol

Manfaat terong untuk kesehatan yang kedua adalah dapat menurunkan kadar kolestrol. Perlu Anda ketahui bahwa kadar gula darah tinggi dapat menyebabkan kadar kolestrol jahat serta trigiliserida meningkat. Hal ini dikarenakan insulin yang tidak hanya berpengaruh pada metabolisme gula dalam tubuh, tetapi juga berpengaruh dalam metabolisme lemak. Kemampuan terong untuk mengontrol kadar gula darah akan membuat buah ini juga sangat baik untuk menjaga kadar kolestrol.

Mencegah Kanker

Terong ungu juga disebut bisa mencegah kanker. Hal ini dikarenakan terong memiliki kandungan zat yang bernama solasodine rhamnosyl glycoside yang telah diteliti dapat memicu kematian pada sel kanker dan dapat mencegah kanker tertentu kambuh. SRG diketahui juga dapat melawan kanker kulit jika diaplikasikan secara topikal.

Terong memiliki kandungan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas yang merupakan penyebab dari kerusakan sel. Maka dengan mengkonsumsi terong dipercaya bisa mencegah kanker.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat terong untuk kesehatan yang selanjutnya yaitu dapat menjaga kesehatan jantung. Kadar kolestrol LDL dan trigiliserida tinggi dalam darah dapat merusak plak yang dapat menyumbat pembuluh darah. Selain itu, kandungan antioksidan dalam terong juga memiliki peran dalam memelihara kesehatan jantung. Sebuah penelitian pada hewan menunjukan bahwa terong dapat meningkatkan fungsi jantung dan menurunkan resiko serangan jantung.

Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan antioksidan pada tering juga dapat menutrisi kulit dan menjaga kesehatan kulit. Terong dapat melancarkan peredaran darah sehingga membuat kulit lebih terlihat sehat dan cerah. Terong juga dapat dijadikan sebagai salah satu masker wajah yang dipercaya dapat melembapkan, menghilangkan bekas jerawat, hingga membuat kulit menjadi lebih cerah.

Demikianlah informasi mengenai manfaat terong untuk kesehatan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

Manfaat Terong Untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment