Wednesday, May 15, 2019

Manfaat Mengkonsumsi Madu Saat Sahur

Manfaat Mengkonsumsi Madu Saat Sahur - Selamat bergabung kembali bersama kami di website Kesehatan resmi yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar dunia kesehatan dan pengobatan herbal. Adapun pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan informasi mengenai manfaat mengkonsumsi madu saat sahur. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

Manfaat Mengkonsumsi Madu Saat Sahur


Sahur merupakan salah satu kebiasaan sebelum melakukan puasa. Jika sahur dijalankan dengan baik, maka puasa pun akan berjalan dengan baik pula. Namun jika saat sahur, Anda tidak mencukupi kebutuhan nutrisi dan air, maka puasa pun akan terganggu.

Untuk itu, ada baiknya saat sahur kita harus mencukupi asupan yang maksimal agar puasa kita berjalan dengan lancar. Selain mengkonsumsi buah dan sayur, Anda juga sangat disarankan untuk meminum madu sebanyak 1-2 sendok. Mengapa demikian? Berikut adalah beberapa manfaat mengkonsumsi madu saat sahur, diantaranya:

Sebagai Tambahan Energi

Madu memiliki banyak sekali kandungan alami seperti maltosa, sukrosa, fruktosa, dan glukosa. Gula alami ini akan memberikan suplai energi pada tubuh dengan instan dan bertahan lama hingga seharian. Sati sendok madu diketahui mengandung sekitar 17 gram karbohidrat atau gula. Dengan kandungan yang cukup besar ini, Anda tentunya bisa memanfaatkan madu untuk penambah energi yang setara dengan beberapa sendok dari nasi putih.

Sebaiknya saat sahur, Anda mengkonsumsi sebanyak 1-2 sendok madi. Bisa dikonsumsi secara langsung atau dicampurkan dengan air.

Sebagai Pemanis Makanan

Saat sedang berpuasa, makanan manis biasanya sering sekali dikonsumsi karena bisa memberikan energi secara instan. Namun, terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis dengan tambahana gula justru sangat tidak baik untuk kesehatan.

Untuk mengganti gula sebagai pemanis, Anda bisa menggunakan madu. Anda bisa mencampurkan madu untuk membuat minuman seperti teh atau dicampur dengan makanan lainnya. Rasa manis dari madu berasal dari alam, sehingga tidak memiliki efek samping pada tubuh dan bisa dikonsumsi kapan saja khususnya saat makan sahur.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Madu juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh dengan baik. Saat puasa biasanya penyakit seperti flu dan batuk sering muncul sehingga Anda perlu berwaspada.

Konsumsilah madu 1-2 sendok makan saat sahur, sehingga tubuh akan menjadi lebih kuat dan bertenaga. Anda juga tidak perlu was-was jika jatuh sakit karena madu bisa menangkal radikal bebas yang masuk dengan sempurna.

Melindungi Kerongkongan dan Lambung

Saat sedang berpuasa, asam lambung dalam tubuh akan meningkat cukup banyak. Dengan adanya peningkatan ini makan Anda akan sering mengalami maag yang menyiksa. Dan untuk mengatasi kondisi tersebut, Anda sangat disarankan mengkonsumsi madu setiap sahur. Madu yang masuk ke dalam tubuh akan melindungi kerongkongan dan lambung. Sehingga gangguan seperti GERD bisa diatasi dengan baik.

Madu yang masuk ke dalam tubuh juga terbukti mampu menurunkan asam lambung. Anda bisa meminum 1 sendok makan madu yang nantinya akan membuat perut Anda menjadi nyaman sepanjang siang.

Menurunkan Trigiliserida

Saat berpuasa kita sering kali tidak bisa mengontrol makanan dan sering makan makanan berlemak seperti gorengan dan santan. Jika kondisi seperti ini terus dibiarkan, Anda pastinya akan mengalami penumpukan trigiliserida dalam tubuh yang berbahaya pada kesehatan.

Jika Anda ingin aman dari gangguan ini, maka ada baiknya jika Anda mengkonsumsi madu saat sahur. Karena madu akan menurunkan kadar trigiliserida dan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan puasa pun berjalan dengan lancar.

Itulah informasi mengenai manfaat mengkonsumsi madu saat sahur. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

Manfaat Mengkonsumsi Madu Saat Sahur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment