Wednesday, May 22, 2019

Penyebab Kantuk di Pagi Hari

Penyebab Kantuk di Pagi Hari -  Selamat bergabung kembali bersama kami di website Kesehatan resmi yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar dunia kesehatan dan pengobatan herbal. Adapun pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan informasi mengenai penyebab kantuk di pagi hari. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut.

Penyebab Kantuk di Pagi Hari 


Sebagian orang mungkin sering mengalami kantuk di pagi hari. Mengantuk tentunya akan menyebabkan konsentrasi menjadi menurun, kewaspadaan berkurang dan tak jarang juga membuat kita lupa. Dan tentunya hal ini akan berdampak pada aktivitas dan produktivitas bekerja atau di sekolah.

Selain kurang tidur, terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami kantuk di pagi hari. Penyebabnya bisa karena kurang tidur, konsumsi alkohol, efek samping obat-obatan, hingga penyakit tertentu. Dan berikut adalah beberapa penyebab kantuk di pagi hari, diantaranya:

Siklus Tidur Alami Tubuh

Perlu Anda ketahui bahwa dalam satu hari terdapat 2 periode tubuh akan merasa mengantuk secara alami, yaitu pada larut malam (umumnya antara jam 7 hingga pagi) dan tengah hari (sekitar pukul 13.00-16.00). Sehingga jika Anda tidak tidur selama jam-jam tersebut maka resiko mengantuk saat beraktivitas di pagi hari keesokannya akan meningkat, terlebih jika waktu tidur Anda berkurang.

Kurang Tidur

Penyebab kantuk di pagi hari yang paling sering terjadi adalah karena kurang tidur. Kurang tidur akibat mengerjakan tugas atau sekedar bergadang, bisa menyebabkan seseorang bisa merasa ngantuk dan kelelahan sepanjang harinya. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda tidur dengan durasi yang dianjurkan untuk orang dewasa 7-9 jam setiap malam.

Kafein 

Kafein yang terdapat di dalam kopi, minuman ringan, teh, atau obat-obatan memang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Namun jika kafein ini dikonsumsi sebelum tidur, efek peningkatan kewaspadaan kafein ini dapat menganggu kualitas tidur Anda. Karena, kafein kafein akan bekerja dalam tubuh hingga sekitar 6 jam setelah Anda mengkonsumsinya.

Dehidrasi

Penyebab kantuk di pagi hari yang selanjutnya yaitu bisa karena kita mengalami dehidrasi atau kekurangan asupan cairan tubuh. Dehidrasi akan mengurangi aliran darah ke otak, sehingga tubuh mudah merasa ngantuk. Selain itu, dehidrasi juga dapat menyebabkan mulut dan saluran pernafasan kering serta kran pada kaki saat tidur. Akibatnya, kualitas tidur pun akan terganggu.

Gangguan Tidur

Ngantuk di pagi bisa terjadi karena kita mengalami gangguan tidur, misalnya insomnia, narkolepsi, sleep apnea (gangguan pernapasan saat tidur), hipersominia (kantuk berlebih di pagi atau siang hari meskipun pada malam hari tidur dengan cukup) atau mengalami sindrom kaki gelisah. Dan untuk memastikan diagnosis salah satu kondisi tersebut, diperlukan pemeriksaan langsung ke dokter.

Demikianlah informasi mengenai penyebab kantuk di pagi hari. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

Penyebab Kantuk di Pagi Hari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment