Thursday, May 16, 2019

Manfaat Olahraga Saat Puasa Yang Sayang Dilewatkan

Manfaat Olahraga Saat Puasa - Selamat bergabung kembali bersama kami di website Kesehatan resmi yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar dunia kesehatan dan pengobatan herbal. Adapun pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan informasi mengenai manfaat olahraga saat puasa. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut.

Manfaat Olahraga Saat Puasa Yang Sayang Dilewatkan


Olahraga merupakan aktivitas yang akan membuat hidup menjadi lebih sehat. Meskipun sedang berpuasa, namun bukan berarti Anda menjadi malas untuk berolahraga. Karena pasalnya Anda tetap bisa olahraga dengan memperhatikan beberapa hal seperti waktu olahraga, jenis, dan intensitas latihan yang harus dikurangi.

Berikut adalah beberapa manfaat olahraga saat puasa, diantaranya:

Membantu Mengendalikan dan Menurunkan Berat Badan

Olahraga juga bisa membantu kita dalam mengendalikan dan menurunkan berat badan. Terlebih jika kita melakukan olahraga saat puasa. Karena puasa bisa menjadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan.

Namun sayangnya, masih banyak orang yang suka makan berlebihan saat berbuka sehingga berat badannya malah semakin bertambah. Dan untuk mencegah kenaikan berat badan, aktivitas fisik seperti olahraga sangatlah dibutuhkan.

Selama berpuasa, kebutuhan energi yang berasal dari glukosa sangat terbatas. Kondisi ini akan membuat tubuh mengalihkan bahan bakar energi pada lemak ketika berolahraga. Karena berkurangnya jumlah lemak pada tubuh bisa membantu menurunkan berat badan.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Imun

Sebuah penelitian melaporkan bahwa konsentrasi immunoglobulin G dan immunoglobulin A sebagai penyusun sistem imun akan mengalami penurunan selama bulan puasa. Namun, kadarnya masih dalam kisaran normal. Meskipun sistem imun tidak menurun drastis, kebiasan buruk selama berpuasa tentunya bisa membuat Anda mudah sakit. Untuk itu, menjalankan olahraga saat puasa bisa membawa manfaat yang baik.

Olahraga diakui dapat meningkatkan sistem imun sehingga membuat tubuh menjadi lebih kuat melawan virus dan bakteru penyebab infeksi. Hal ini sudah dibuktikan dengan studi yang dilakukan oleh Zahedan University of Medical Sciences. Dengan melakukan percobaan pada 90 atlet yang rutin berolahraga 2 sampai 3 jam per hari selama puasa, dan mereka menunjukan bahwa terjadi peningkatan kadar  immunoglobulin A dalam tubuhnya.

Mengurangi Stress Lebih Efektif

Stres yang berlebih tentunya tidak akan baik untuk kesehatan. Umumnya kondisi ini dapat terjadi kapan saja, termasuk ketika sedang berpuasa. Studi melaporkan bahwa berpuasa dapat merangsang produksi hormon endorfin. Hormon ini diketahui dapat menimbulkan perasaan senang dan bahagia sehingga mengurangi stres.

Begitu juga dengan olahraga, produksi hormon endorfin juga akan meningkatkan saat Anda melakukan aktivitas ini. Jadi, jika Anda melakukan olahraga saat berpuasa, maka manfaat endorfin untuk mengurangi stres bisa di dapatkan.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat olahraga saat puasa. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

Manfaat Olahraga Saat Puasa Yang Sayang Dilewatkan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment