Monday, May 13, 2019

Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan Tubuh - Selamat bergabung kembali bersama kami di website Kesehatan resmi yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar dunia kesehatan dan pengobatan herbal. Adapun pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan informasi mengenai manfaat berpuasa bagi kesehatan tubuh. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan Tubuh


Umat Islam diperintahkan untuk menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan selama 1 bulan penuh. Berpuasa sendiri berarti menahan diri dari makan, minum dan aktivitas seksual dari sejak terbit hingga tenggelamnya matahari.

Selain untuk beribadah, berpuasa juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan baik itu fisik maupun mental. Menurut para ahli, puasa dapat mencegah munculnya berbagai penyakit masuk ke dalam tubuh seperti penyakit jantung, kolestrol tinggi, dan obesitas, serta dapat meningkatkan kesehatan mental dan kesejahteraan tubuh. Puasa juga membantu membersihkan dan memperkuat dindingnya.

Berikut adalah beberapa manfaat puasa bagi kesehatan tubuh, diantaranya:

Menyehatkan Jantung

Puasa di bulan ramadhan juga akan membantu menurunkan kadar kolestrol sehingga akan menyehatkan jantung. Tim dari kardiolog di Uni Emirat Arab menemukan bahwa orang-orang menikmati efek positif pada profil lipid mereka, yang berarti bahwa ada penurunan kolestrol dalam darah.

Jantung yang sehat berarti akan mengurangi resiko terkena penyakit jantung, serangan jantung, atau bahkan stroke.

Menyehatkan Otak

Para peneliti dari Amerika Serikat mengungkapkan bahwa fokus pada mental saat Ramadhan dapat meningkatkan kadar faktor neurotpik yang diturunkan dari otak atau BDNF. BDNF dapat membantu tubuh memproduksi lebih banyak sel-sel otak yang bisa meningkatkan fungsinya.

Selain itu, produksi sel-sel otak baru juga terbukti dapat mengurangi depresi, kecemasan, dan juga resiko terkena demensia (pikun). Sehingga dengan menahan emosi saat berpuasa, penurunan julah hormon stres kortisol juga akan terlihat cukup signifikan.

Detoks Tubuh

Manfaat puasa bagi kesehatan yang selanjutnya adalah untuk membuang racun atau detoks tubuh. Tidak makan ataupun minum selama 12-13 jam maka tubuh akan diberi kesempatan langka untuk mendetoksifikasi sistem pencernaanya selama sebulan penuh.

Saat tubuh kita membakar lemak jadi energi, ia juga akan membakar racun berbahaya apapun yang bisa saja ada di dalam lemak yang bersisa. Pembersihkan tubuh ini akan membuat tubuh "kosong" yang sehat, dan akan menjadi batu loncatan yang baik untuk memulai gaya hidup sehat.

Menurunkan Berat Badan

Berpuasa selama 30 hari di bulan Ramadhan ini bisa membantu tubuh dalam menyingkitkan lemak dan massa otot yang lebih kuat. Dalam agama Islam juga disebutkan bahwa mendapatkan berat badan ideal bisa didapatkan dengan berpuasa, namun hal ini bisa saja berbalik apabila seseorang kembali ke pola makan harian sebelum Ramadhan. Para ahli menyebutkan bahwa jika puasa dilakukan dengan benar dapat menyehatkan sistem pencernaan dan metabolisme seseorang secara keseluruhan, sehingga akan mempermudah dalam mendapatkan berat badan yang ideal.

Demikianlah informasi mengenai manfaat puasa bagi kesehatan tubuh yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan Tubuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment