Wednesday, May 1, 2019

Manfaat Bawang Putih Untuk Mengatasi Hipertensi

Manfaat Bawang Putih Untuk Mengatasi Hipertensi - Selamat bergabung kembali bersama kami di website Kesehatan resmi yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar dunia kesehatan dan pengobatan herbal. Adapun pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan informasi mengenai manfaat bawang putih untuk mengatasi hipertensi. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

Manfaat Bawang Putih Untuk Mengatasi Hipertensi


Bawang putih merupakan salah satu bahan alami yangsering digunakan untuk pengobatan berbagai jenis penyakit, dan salah satunya adalah untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Perlu Anda ketahui jika hipertensi adalah salah satu penyakit yang banyak dialami oleh penduduk Indonesia. Dan seseorang bisa dikatakan mengalami hipertensi jika tekanan darahnya sudah mencapai 140/90 mmHg atau lebih. Hipertnesi juga dapat menyebabkan komplikasi yang berbahaya pada berbagai organ tubuh, misalnya gagal ginjal, stroke, atau serangan jantung.

Bawang putih dipercaya dapat membantu menurunkan kolestrol yang merupakan salah satu penyebab meningkatknya tekanan darah. Dalam hal ini bawang putih akan bekerja dengan cara menghambat penyerapam kolestrol dari makanan dalam saluran pencernaan.

Bawang putih juga mampu menghambat kerja enzim HMG-CoA (3-hydroxy-3-methylglutaryl-coenzyme A) reductase dan hepatic cholestrol 7a-hydroxylase yang berperan besar dalam membentuk kolestrol. Dengan demikian maka produksi kolestrol pun akan mengalami penurunan.

Mengatasi Hipertensi Dengan Bawang Putih

Selain dapat menurunkan kolestrol, bawang putih juga dapat menurunkan tekanan darah, bawang putih mengandung zat-zat yang membantu menjaga tekanan darah agar tetap normal. Menurut penelitian, zat alami dalam bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah, antara lain:
  • Allyl methyl thiosulfonate
  • 1-propenyl allyl thiosulfonate
  • Allicin (allyl 2-propenethiosulfinate or diallyl thiosulfinate)
  • Y-L-glutamyl-S-alkyl-L-cysteine
Zat-zat yang terkandung dalam bawang putih tersebut dapat bekerja dengan cara merangsang tubuh untuk menghasilkan zat nitric oxide (NO) dan hydrogen sulphide (H2S). Kedua zat ini dipercaya dapat menurunkan ketegangan pada pembuluh  darah yang membuat tekanan darah meningkatt. Melemaskan pembuluh darah akan diikuti dengan turunnya tekanan darah.

Selain itu, bawang putih juga akan bekerja dengan cara menghambat kerja zat endothelin 1 dan angiotensin II, yang pada akhirnya juga melemaskan pembuluh darah. Namun sayangnya kandungan zat aktif di dalam 1 siung bawang putih yang satu dengan lainnya belum tentu sama, sehingga efek terapi yang di dapatkan pun akan berbeda. Untuk itu Anda perlu berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum memutuskan mengkonsumsi bawang putih sebagai pengobatan alternatif.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat bawang putih untuk mengatasi hipertensi. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

Manfaat Bawang Putih Untuk Mengatasi Hipertensi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment