Wednesday, May 1, 2019

Cara Alami Mengobati Tipes

Cara Alami Mengobati Tipes - Selamat bergabung kembali bersama kami di website Kesehatan resmi yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar dunia kesehatan dan pengobatan herbal. Adapun pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan informasi mengenai cara alami mengobati tipes. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

Cara Alami Mengobati Tipes Dengan Bahan Rumahan


Tipes merupakan salah satu penyakit yang disebabkan karena bakteri Salmonella typhii yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi. Pengobatan tipes sendiri harus dilakukan sesegera mungkin ketika sudah terdapat gejalanya.

Setelah melakukan pemeriksaan ke dokter dan dokter mendiagnosis tipes, maka nantinya dokter akan meresepkan obat antibiotik dan obat tertentu untuk membunuh bakteri penyebab tipes. Namun selain dengan pengobatan dokter, Anda juga bisa mengandalkan sejumlah bahan alami di rumah untuk mempercepat pemulihan tipes. Berikut adalah cara alami mengobati tipes dengan bahan rumahan, diantaranya:

Cuka Sari Apel

Cuka sari apel memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh, termasuk salah satunya dapat mengembalikan energi pada pasien tipes. Sifat asam dari bahan alami ini dapat membantu mengeluarkan panas tubuh sehingga mengurangi suhu tubuh secara perlahan. kandungan mineralnya pun akan menggantikan mineral yang hilang karena diare.

Cara alami mengatasi tipes dengan cuka apel sangat mudah yaitu campurkan setengah sendok teh cuka sari apel dan sedikit madu dalam segelas air. Selanjutnya minum larutan ini sebelum makan selama 5 sampai 7 hari. 

Bawang Putih

Selain dapat meningkatkan cita rasa masakan, bawang putih juga dapat digunakan sebagai obat tipes alami. Hal ini dikarenakan bawang putih memiliki kandungan antimikroba yang sangat berguna untuk membilas racun berbahaya dalam tubuh sehingga sistem kekebalan tubuh menjadi meningkat. Proses pemulihan tipes pun akan semakin cepat.

Untuk mengobati tipes dengan bawang putih sangat mudah sekali, Anda cukup mengkonsumsi 2 siung bawang putih saat perut kosong. Lakukan cara ini selama beberapa minggu hingga Anda merasa lebih baik. Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan setengah sendok teh bawang putih yang sudah dihancurkan, secangkir susu, dan empat gelas air. Rebus larutan ini hingga tersisa seperempatnya dan minum sebanyak 3 kali dalam sehari.

Cengkeh

Cengkeh memiliki kandungan minyak essensial yang memiliki sifat anti bakteri. Maka tidak heran jika cengkeh ini masuk ke dalam daftar bahan alami yang dapat digunaakn sebagai obat tipes. Cengkeh dapat membantu mengurangi tingkat keparahan diare dan muntah yang disebabkan oleh tipes.

Cara membuat ramuannya pun cukup mudah yakni dengan memaskan 5 sampai 7 cengkeh ke dalam air mendidih dan rebus hingga airnya tersisa setengah. Setelah larutan menjadi dingin, minum secara rutin di siang hari selama minimal satu minggu.

Pisang

Pisang ternyata memiliki khasiat untuk mencegah penyakit tipes. Hal ini dikarenakan pisang mengandung pektin atau serat halus yang dapat menyerap cairan di usus sehingga menurunkan diare. Tak hanya itu, kandungan kalium pada pisang berfungsi untuk menggantikan elektrolit yang hilang akibat diare dan demam.

Dan untuk mempercepat proses pemulihan demam tipes, Anda sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi 2 sampai 3 buah pisang setiap harinya. Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan 2 buah pisang dengan setengah cangkir yogurt dan satu sendok teh madu. Konsumsilah campuran ini selama 2-3 kali setiap hari sampai masa pemulihan selesai.

Oralit

Resusitasi atau penggantian cairan tubuh sangatlah penting untuk mencegah dehidrasi saat demam tipus. Sejak dulu, Anda pastinya sudah mengenal larutan oralit. Larutan ini dapat membantu mengurangi gejala tipus dan mempercepat pemulihan.

Anda bisa membuat oralit dengan tiga bahan dasar yang sudah ada di rumah seperti garam, gula, dan air. kemudian campurkan setengah sendok teh garam  dan enam sendok teh gula ke dalam 4 gelas air. Minumlah oralit selama beberapa kali dalam sehari sampai tubuh benar-benar pulih atau Anda juga bisa membeli oralit kemasan di apotek lalu larutkan dalam segelas air.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara alami mengobati tipes. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

Cara Alami Mengobati Tipes Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment