Friday, April 26, 2019

Tips Menghadapi Anak Malas Belajar

Tips Menghadapi Anak Malas Belajar - Selamat bergabung kembali bersama kami di website Kesehatan resmi yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar dunia kesehatan dan pengobatan herbal. Adapun pada kesempatan kali ini kami akan menyajika informasi mengenai tips menghadapi anak malas belajar. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

Tips Menghadapi Anak Malas Belajar


Banyak sekali orang tua yang merasa khawatir saat melihat anaknya malas belajar. Dan sebagai solusinya, kebanyakan orang tua memilih untuk memasukan anaknya ke tempat les atau bimbingan belajar. Padahal semua itu belum tentu menjadi solusi yang dibutuhkan anak.

Ada banyak faktor yang menyebabkan anak malas dalam belajar, baik itu dari segi fisik, mental maupun lingkungan belajar yang kurang mendukung. Sehingga peran orang tua tentunya sangat dibutuhkan untuk mengatasi anak yang malas belajar. Selain berkomunikasi dengan baik, orang tua juga harus memiliki kesabaran eklstra dalam menghadapi kondisi ini. Berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan orang tua untuk anaknya yang malas belajar, diantaranya:

Ajak anak untuk menentukan tujuan belajarnya

Anak sering kali menganggap belajat adalah kewajiban semata, karena ia tidak mengerti makna dan manfaat dari materi yang ia pelajari. Oleh karena itu, orang tua sangat perlu untuk membantu anak dalam mengenali terlebih dahulu materi belajarnya. Kalau bisa kaitkan dengan cita-cita atau minat anak.

Bimbing anak untuk menyusun sistem belajarnya sendiri

Anda juga harus mengajak anak untuk memilih perlengkapan belajar, mengatur ruang belajar, serta menetapkan jadwal belajar. Keterlibatan anak dalam menyusun sistem belajat nantinya akan membuat ia lebih semangat dan bertanggung jawab.

Buat suasana belajar menyenangkan

Proses belajar anak dapat berlangsung dimana pun, tak hanya di luar belajar saja. Orang tua dapat mengajak anak ke museum untuk belajar tentang sejarah, ke kebun binatang untuk belajar tentang flora dan fuana atau ke pusat-pusat edukasi ramah anak lainnya.

Kenali gaya belajar anak

Setiap anak tentunya memiliki gaya belajar yang berbeda. Sebagian anak suka belajar dengan cara membaca, sebagaian lainnya dengan mendengarkan, sementara lainnya suka melalui praktek. Dengan mengenali gaya belajar anak, orang tua akan lebih mudah memodifikasi materi dan sistem belajar agar sesuai dengan kebutuhan anak.

Hargai proses belajar dan hindari terlalu fokus pada prestasi

Banyak sekali orang tua yang tidak sadar bahwa ekspresi kekecewaan mereka ketika anak menunjukan nilai ujian merupakan hal yang menyakitkan bagi mereka. Anak akan menganggap dirinya tidak mampu dan tidak menghargai usahanya sendiri.

Oleh sebab itu, orang tua perlu memberi penghargaan saat anak menunjukan keterkaitan dan kemajuan dalam proses belajar, sekecil apapun. Penghargaan terhadap proses belajar, bukan pada hasil tentunya dapat membangungkan iklim belajar menyenangkan bagi anak.

Demikianlah informasi mengenai tips menghadapi anak malas belajar. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat khusunya bagi para orang tua. Terima Kasih.

Tips Menghadapi Anak Malas Belajar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment