Friday, April 26, 2019

Manfaat Pare Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Pare Untuk Kesehatan Tubuh - Selamat bergabung kembali bersama kami di website Kesehatan resmi yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar dunia kesehatan dan pengobatan herbal. Adapun pada kesempatan kali ini kami akan menyajika informasi mengenai manfaat untuk kesehatan tubuh. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

Manfaat Pare Untuk Kesehatan Tubuh


Meskipun memiliki rasa yang pahit, tetapi pare memiliki banyak sekali penggemar. Pare mengandung banyak sekali nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Di Indonesia pare sering kali diolah menjadi masakan atau dimakan sebagai lalapan. Pare sering disebut juga "paria" ini dikenal juga sebagai tanaman herbal, karena buah, bijim hingga akar pare memiliki manfaat dan bisa diolah sebagai obat tradisional.

Pare memiliki banyak sekali kandungan nutrisi seperti folat, vitamin A, C, E, dan vitamin B1, B2, serta B3. Selain itu, buah ini juga mengandung berbagai mineral seperti zat besi, kalium, kalsium, magnesium, seng, dan fosfor serta antioksidan, karbohidrat dan serat.

Manfaat pare yang paling terkenal adalah sebagai penurun kadar gula darah. Beberapa studi menunjukan bahwa mengkonsumsi pare dapat menurunkan gula darah dan kadar HbA1c pada penderita diabetes tipe 2. Pare juga mengandung senyawa kimia yang berperan seperti insulin, sehingga dapat menurunkan gula. Akan tetapi, ada juga studi lain yang mengatakan bahwa pare tidak memiliki dampak signifikan sebagai pengobatan diabetes. Sehingga manfaat pare untuk diabetes masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Berikut adalah beberapa manfaat pare untuk kesehatan tubuh, diantaranya:

Melawan infeksi

Pare dapat kita gunakan untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri, seperti E. coli, Salmonella, Staphylococcus aureus, Streptobaccilus, dan Pseudomonas. 

Mengurangi peradangan pada penyakit liver

Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa antioksidan pada pare terlihat mampu mengikat radikal bebas dan mengurangi peradangan pada penyakit hati. Namun efek ini masih perlu diteliti lebih lanjut pada manusia.

Mengatasi Gangguan Pencernaan

Rasanya yang pahit akan membuat pare mampu mengatasi konstipasi. Namun efek samping pare ini dapat memicu rasa mulas dan memperparah gejala maag.

Meningkatkan imunitas pada penderita HIV dan Kanker

Berdasarkan studi, pare diketahui dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus seperti HIV. Studi juga menunjukan bahwa pare memiliki sifat antikanker. Sehingga ekstrak dari buah pare dapat menghambat klinis lebih lanjut untuk memastikan dosis aman, efek samping, serta efektivitas pare dalam mengobati kondisi ini.

Menurunkan Kolestrol Buruk (LDL) dan Meningkatkan Kolestrol Baik (HDL)

Pada percobaan yang dilakukan terhadap hewan percobaan yang diberi ekstrak pare selama 30 hari, terjadi penurunan kolestrol buruk (LDL) dan peningkatan kolestrol baik (HDL).

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat pare untuk kesehatan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

Manfaat Pare Untuk Kesehatan Tubuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment