Tuesday, April 16, 2019

Manfaat Biji Rambutan Untuk Kesehatan Tubuh

Siapa tak kenal dengan buah rambutan? semua orang pasti mengenal buah yang satu ini, karena buah rambutan ini umumnya sangat familiar karena mudah di dapatkan. Namun tahukah Anda jika ternyata biji rambutan memiliki banyak sekali kandungan nutrisi dan memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Apa saja manfaat biji rambutan? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Manfaat Biji Buah Rambutan Untuk Kesehatan Tubuh


Siapa sangka ternyata biji buah rambutan ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan di dalam biji rambutan terkandung kandungan fenolik dan flavonoid yang kemudian diubah menjadi ekstrak methanol. Khasiat dari biji rambutan ini sangat bagus terutama untuk mengobati berbagai macam penyakit. Berikut adalah manfaat biji buah rambutan untuk kesehatan tubuh, diantaranya:

Mengatasi Sariawan

Biji buah rambutan mengandung vitamin C yang cukup tinggi sehingga sangat cocok sekali bagi Anda yang sedang mengalami sariawan. Biji rambutan bisa Anda gunakan untuk mengobati sariawan. Anda bisa menjadikan biji buah rambutan ini sebagai camilan sehat atau merebusnya dengan air yang kemudian ditambah madu atau gingseng agar rasanya lebih enak.

Melancarkan Pencernaan

Pencernaan yang sehat adalah dambaan dari setiap orang, karena dengan memiliki organ pencernaan yang sehat maka akan membuat Anda menjadi lebih sehat dan pastinya dapat mengontrol berat badan. Dalam biji rambutan juga mengandung serat yang cukup tinggi sehingga bisa membuat tumpukan makanan yang ada di dalam perut menjadi terurau dengan baik dan menjadi lebih lancar. Selain itu, khasiat lainnya yaitu dapat membuat Anda menjadi lebih kenyang dan tidak mudah lapar sehingga sangat cocok bagi Anda yang sedang menjalani proses penurunan berat badan atau diet.

Mengobati Diabetes

Manfaat biji buah rambutan yang selanjutnya adalah bisa membantu mengobati diabetes. Diabetes merupakan salah satu penyakit yang sangat umum terjadi di masyarakat dan penyakit ini merupakan penyakit turunan. Untuk mengobatinya, Anda bisa menggunakan biji buah rambutan.

Anda hanya perlu menyiapkan biji rambutan yang sudah dikupas kulitnya. Setelah itu iris tipis-tipis dan sangrai tanpa minyak menggunakan api sedang tidak boleh terlalu besar karena nantinya biji rambutan ini bisa gosong. Setelah dirasa kering dan matang, maka langkah selanjutnya adalah menumbuk biji rambutan yang telah di sangrai. Setelah tumbukan halus, kemudian seduh bubuk biji rambutan dengan menggunakan air panas dan Anda bisa meminum ramuan ini sebanyak 2 kali dalam sehari secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal. Jika Anda tidak terlalu suka dengan rasanya, maka bisa ditambahkan gula jawa atau gula batu, madu dan daun sereh untuk medapatkan rasa dan aroma yang lebih enak.

Sebagai Cemilan Sehat

Selain dijadikan sebagai obat, manfaat biji buah rambutan selanjutnya yaitu bisa dijadikan sebagai camilan sehat. Terdapat beberapa resep sederhana yang bisa Anda gunakan untuk membuat camilan sehat dari biji rambutan ini. Anda bisa mengkonsumsi camilan sehat ini sembari menonton televisi acara kesukaan Anda.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat biji buah rambutan bagi kesehatan yang bisa kami sampaikan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

Manfaat Biji Rambutan Untuk Kesehatan Tubuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment