Tuesday, April 9, 2019

3 Cara Mengatasi Dehidrasi Pada Tubuh Yang Ampuh dan Efektif

Sebagian besar tubuh terdiri dari cairan yang berfungsi sebagai penunjang fungsi tubuh. Namun, ada kondisi dimana tubuh mengalami kekurangan cairan. Kondisi ini disebut sebagai dehidrasi. Dehidrasi sendiri merupakan suatu keadaan dimana tubuh kehilangan banyak cairan, dan ada ketidak seimbangan dengan asupan cairan yang masuk. Apakah Anda sering mengalami dehidrasi? Berikut kami mempunyai tips atau cara mengatasi dehidrasi pada tubuh.

Cara Mengatasi Dehidrasi Pada Tubuh Yang Ampuh dan Efektif


Kurangnya asupan cairan dan banyaknya cairan yang dibuang oleh tubuh melalui keringat, muntah, atau urine menjadi lebih banyak adalah salah satu penyebab dehidrasi. Untuk mengatasinya yaitu dengan memperbanyak konsumsi air putih maupun makanan yang mengandung banyak air seperti buah-buahan. Dan berikut adalah beberapa cara mengatasi dehidrasi yang bisa Anda terapkan.

Air Putih

Pada normalnya, setiap orang perlu mengkonsumsi setidaknya 8-10 gelas air putih setiap harinya untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Tetapi jika Anda banyak menjalani aktivitas fisik yang berat seperti olahraga dan bekerja dipabrik, maka jumlah air putih yang harus diminum harus lebih banyak tentunya.

Selain hanya meminum air putih, Anda juga bisa menambahkan potongan buah seperti anggur, stroberi, dan lemon untuk menambah cita rasa air putih tersebut. Minuman seperti ini biasa disebut dengan infused water.

Susu

Siapa yang menyangka jika ternyata meminum susu adalah cara mengobati dehidrasi yang paling efektif. Penelitian menunjukan jika susu dapat menghidrasi tubuh bahkan lebih baik dibandingkan dengan air putih dan minuman berisotonik.

Apabila Anda mengalami gejala dehidrasi, segeralah minum satu gelas susu yang kemudian diikuti dengan segelas air putih agar lebih mudah diserap oleh tubuh.

Minuman Isotonik

Selain dengan mengkonsumsi air putih, Anda juga bisa meminum cairan isotonik. Minuman isotonik adalah minuman yang di klaim lebih efektif dalam mengganti cairan tubuh karena cairan ini memiliki tingkat konsentrasi yang serupa dengan cairan tubuh. Minuman isotonik sendiri mengandung mineral seperti natrium, klorida, kalsium, dan magenesium dan lebih cepat diserap oleh tubuh ketimbang dengan air putih.

Itulah informasi mengenai cara mengatasi dehidrasi pada tubuh yang ampuh dan efektif. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa share artikel ini ya..

3 Cara Mengatasi Dehidrasi Pada Tubuh Yang Ampuh dan Efektif Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment