Thursday, April 25, 2019

Makanan Penurun Kadar Gula Darah

Makanan Penurun Kadar Gula Darah - Selamat bergabung kembali bersama kami di website Kesehatan resmi yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar dunia kesehatan dan pengobatan herbal. Adapun pada kesempatan kali ini kami akan menyajika informasi mengenai makanan penurun kadar gula darah. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

Makanan Penurun Kadar Gula Darah 


Perlu Anda ketahui jika ternyata setelah kita selesai makan kadar gula darah akan naik. Gula darah ini kemudian akan dimetabolisme oleh insulin menjadi sumber energi tubuh. Masalahnya adalah jika kita mengkonsumsi makanan yang tidak tepat seperti makanan yang tinggi kalori atau tinggi gula, kadar gula darah kita akan naik secara signifikan dalam waktu yang lama. Hal inilah yang akan memicu terjadinya diabetes.

Untuk menjaga kadar gula darah agar berada dalam kondisi normal, pakar kesehatan menyarankan agar kita menerapkan pola makan sehat, khusunya dalam hal memilih makanan yang bisa menurunkan kadar gula darah. Berikut adalah beberapa makanan penurun kadar gula darah, diantaranya:

Bawang Putih

Selain dijadikan sebagai bumbu masak, bawang putih ternyata bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya yaitu dapat menurunkan kadar gula darah secara signifikan. Sebuah penelitian mengatakan bahwa mempunyai kebiasan mengkonsumsi bawang putih sebelum makan bisa membantu kita menurunkan kadar gula darah. Penderita diabetes yang mengalami masalah dengan kadar gula darah sangat disarankan untuk mengkonsumsi bawang putih.

Alpukat

Tidak hanya bisa menurunkan berat badan, alpukat juga bisa menurunkan atau mengandalikan kadar gula darah. Hal ini disebabkan karena keberadaan asam lemak tak jenuh tunggal yang akan memberikan manfaat tersebut.

Selain itu, alpukat juga mampu membuat fungsi hormon insulin meningkat. Padahal, hormon inilah yang memiliki peran dalam mengendalikan kadar gula darah. Buah ini juga bisa menurunkan resiko terkena sindrom metabolik yang merupakan penyebab utama diabetes.

Telur

Siapa sangka ternyata telur memiliki manfaat yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Pakar kesehatan menyebut bahwa kadar protein yang cukup tinggi di dalam telur bisa membantu tubuh mengendalikan kadar gula darah dengan lebih baik. Telur juga bisa membuat perut lebih kenyang sehingga kita pun tidak akan mudah makan atau ngemil dengan berlebihan.

Untuk menurunkan kadar gula darah, pakar kesehatan menyarankan agar kita mengkonsumsi telur rebus bukan telur goreng.

Kakao

Kakao adalah bahan utama dari cokelat, yang merupakan salah satu jenis camilan paling digemari manusia. Jika kebanyakan orang berpikir bahwa coklat ini bisa menyebabkan kenaikan berat badan atau bahkan resiko diabetes, namun ternyata coklat justru bisa membantu mencegahnya asalkan dikonsumsi secara tepat.

Jika mengkonsumsi coklat hitam dengan kadar kakao yang tinggi dan gula rendah dengan porsi yang tepat, maka kita bisa mendapatkan kandungan layaknya antioksidan, flavanol, serta protein yang bisa membantu menurunkan kadar gula darah.

Sayuran Hijau

Sudah tak asing lagi jika sayuran hijau ini sangat baik untuk kesehatan. Jika Anda rutin mengkonsumsi sayuran ini maka tubuh akan mendapatkan asupan vitamin, serat, dan magnesium yang nantinya dapat membantu menurunkan kadar gula darah dengan efektif. Pastikan Anda mengkonsumsinya setiap hari untuk mencegah diabetes.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai makanan penurun kadar gula darah. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima kasih.

Makanan Penurun Kadar Gula Darah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment