Friday, April 26, 2019

Penyebab Telat Datang Bulan Selain Karena Hamil

Penyebab Telat Datang Bulan - Selamat bergabung kembali bersama kami di website Kesehatan resmi yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar dunia kesehatan dan pengobatan herbal. Adapun pada kesempatan kali ini kami akan menyajika informasi mengenai penyebab telat datang bulan. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

Penyebab Telat Datang Bulan Selain Karena Hamil


Selain kehamilan, penyebab alami telat datang bulan adalah menyusui dan menopause. Jika kamu mengalami telat datang bulan, jangan khawatir karena kondisi ini normal. Namun jika Anda tidak menyusui dan belum mendekati usia menopause, ada beberapa kondisi yang patut untuk diwaspadai.

Berikut adalah beberapa kondisi penyebab telat datang bulan:

Ketidakseimbangan Hormon Dalam Tubuh

Telat datang bulan sangat berkaitan dengan ketidakseimbangan hormon. Hormon yang tidak seimbang bisa disebabkan oleh sindrom polikistik ovarium, penyakit tiroid, serta menopause dini. Selain itu, terdapat juga kondisi medis yang mendasari ketidakseimbangan hormon seperti tumor kelenjar pituisari diotak.

Gaya Hidup Tidak Sehat

Faktor gaya hidup yang tidak sehat seperti kurangnya istirahat, asupan nutrisi yang buruk, kelebihan berat badan atau berat badan rendah, dan diet ekstrem bisa menganggu fungsi hormon di dalam tubuh. Hal ini kemudian bisa menganggu siklus menstruasim dan menyebabkan telat datang bulan.

Konsumsi Obat Tertentu

Terdapat beberapa jenis obat tertentu yang dapat membuat Anda menjadi telat datang bulan, misalnya obat kemoterapi untuk kanker, obat antidepresan, obat antipsikotik, obat alergi, serta obat pengendali tekanan darah.

Penggunaan Alat Kontrasepsi

Selain kondisi dan penyakit diatas, ketidakseimbangan hormon juga dapat terjadi pada wanita yang menggunakan alat kontrasepsi hormonal. Contohnya yaitu alat kontrasepsi yang disuntik, ditanam, maupun pil yang diminum. Kemungkinan Anda memerlukan beberapa hari hingga beberapa minggu agar menstruasi kembali normal setelah berhenti menggunakan alat kontrasepsi.

Amenorrhea

Telat datang bulan dalam waktu yang cukup lama bisa dikenal dengan amenorrhea. Amenorrhea ini dibagi menjadi 2 yaitu primer dan sekunder. Amenorrhea primer adalah kondisi tidak adanya sama sekali setelah menginjak usia 15 tahun. Sementara amenorrhea sekunder terjadi pada wanita yang sudah mengalami menstruasi sebelumnya, lalu tidak menstruasi selama tiga bulan atau lebih.

Demikianlah informasi mengenai penyebab telat datang bulan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

Penyebab Telat Datang Bulan Selain Karena Hamil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment