Friday, April 26, 2019

Bahaya Plak Gigi dan Cara Menghilangkannya

Bahaya Plak Gigi dan Cara Menghilangkannya - Selamat bergabung kembali bersama kami di website Kesehatan resmi yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar dunia kesehatan dan pengobatan herbal. Adapun pada kesempatan kali ini kami akan menyajika informasi mengenai bahaya plak gigi dan cara menghilangkannya. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

Bahaya Plak Gigi dan Cara Menghilangkannya


Plak gigi merupakan lapisan lengket dan bening yang terdapat pada permukaan gigi, plak sendiri terbentuk dari sisa-sisa makanan. Jika tidak dibersihkan, plak gigi akan mengeras dan menjadi karang gigi. Kebanyakan orang sering menganggap sepele plak dan karang gigi. Padahal, plak yang kemudian menjadi karang gigi dapat menyebabkan kerusakan, bukan hanya pada gigi, namun juga pada jaringan pendukung gigi.

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, bahwa plak gigi yang tidak dibersihkan akan mengeras dan menjadi karang gigi. Yang perlu Anda ketahui, jika ternyata karang gigi ini tidak dapat dibersihkan hanya dengan menyikat gigi saja.

Sisa-sisa makanan yang menumpuk akan menjadi karang gigi dan diubah oleh kuman atau bakteri menjadi asam yang dapat menyebabkan gigi menjadi rusak dan berlubang. Selain itu, penumpukan sisa makanan dan bakteri juga dapat menimbulkan bau mulut (halitosis) dan gangguan pada gusi. Plak yang menumpuk dan menjadi karang gigi dapat menyebabkan peradangan pada gusi atau gingibitis.

Cara Menghilangkan Plak Gigi

Plak gigi sebaiknya dibersihkan sedini mungkin sebelum akhirnya berubah menjadi karang gigi yang akan lebih sulit untuk dihilangkan. Berikut adalah beberapa cara untuk menghilangkan plak gigi, diantaranya:
  1. Anda disarankan untuk menyikat gigi minimal 2 kali dalam sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride.
  2. Gunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut.
  3. Sikat gigi dengan teknik yang benar, terutama pada bagian pertemuan anatara gigi dan gusi.
  4. Menggunakan obat kumur yang mengandung antiseptik secara rutin setiap hari, agar dapat menghilangkan bakteri berbahaya yang membentuk plak.
  5. Membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi (dental floss) setiap hari.

Anda juga harus memperhatikan pola makan dan batasi kebiasaan makan makanan kecil atau ngemil. Cobalah untuk mengganti camilan dengan sayuran dan buah-buahan, karena bisa membantu air liur untuk menetralisir asam yang dihasilkan dari plak gigi. Anda juga sebaiknya memeriksa gigi setiap 6 bulan sekali ke dokter gigi.

Demikianlah informasi mengenenai bahaya plak gigi dan cara menghilangkannya. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

Bahaya Plak Gigi dan Cara Menghilangkannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment