Saturday, April 13, 2019

Cara Mengatasi Insomnia Secara Alami

Cara Mengatasi Insomnia Secara Alami - Selamat bergabung kembali bersama kami di website Kesehatan resmi yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar dunia kesehatan dan pengobatan herbal. Adapun pada kesempatan kali ini kami akan menyajika informasi mengenai cara mengatasi insomnia. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini

Cara Mengatasi Insomnia Secara Alami


Insomnia merupakan suatu kondisi gangguan tidur yang ditandai dengan kesulitan untuk terlelap maupun tetap terlelap. Insomnia termasuk ke dalam suatu masalah yang sangat menganggu, karena aktivitas sepanjang hari tentu akan berpengaruh. Karena tidur merupakan aktivitas penting yang dibutuhkan tubuh untuk mengembalikan dan memperbaiki sel-sel yang rusak dan menjadikan tubuh pulih kembali.

Berikut adalah cara mengatasi insomnia secara alami, diantaranya:

Pergi Tidur Hanya Ketika Lelah

Berbaring di tempat tidur ketika Anda benar-benar sudah lelah merupakan salah satu cara mengatasi insomnia secara alami. Kondisi fisik yang lelah akan membuat Anda menjadi lebih cepat terlelap. Namun, pastikan juga bahwa Anda tak membawa barang-barang apapun ke tempat tidur.

Meditasi

Cara mengatasi insomnia secara alami selanjutnya yaitu dengan melakukan meditasi. Perlu Anda ketahui bahwa meditasi bukanlah pengobatan standar untuk insomnia, namun cara terbaik untuk mengistirahatkan otak Anda setelah menjalani hari yang panjang. Anda bisa melakukan latihan pernafasan untuk membuat tubuh menjadi fokus dan tetap santai.

Terapkan Jam Tidur Yang Teratur

Pergi tidur dalam jam yang sama setiap hari akan membuat Anda terbiasa dengan tidur nyenyak. Dan cara mengatasi insomnis secara alami dapat Anda lakukan dengan memilih jam saat tidur di mana pada saat itu Anda merasa sangat lelah dan mengantuk setiap malamnya. Biasanya orang dewasa akan tidur pukul 10 atau 11 malam.

Rutin Berolaharaga

Rutin berolahraga akan melepaskan kortisok yang menjadi penganggu pola tidur alami Anda. Cara mengatasi insomnia yang dapat Anda lakukan selanjutnya yaitu dengan melakukan olahraga di pagi hari seperti berjalan, yoga atau melakukan peregangan. Anda juga bisa melakukan peregangan dan pemijatan yang akan membantu melancarkan aliran darah. Tubuh yang lentur biasanya akan memberikan waktu tidur kita lebih nyenyak dan lama.

Mandi dengan Air Hangat

Salah satu cara mengatasi insomnia yang berikutnya adalah dengan cara mandi menggunakan air hangat sebelum tidur. Karena pasalnya setelah mandi tubuh Anda akan menjadi rileks dan membuat Anda cepat mengantuk.

Makan Lebih Awal

Selanjutnya yaitu dengan tidak mengkonsumsi makanan berat tiga jam sebelum tidur. Selain itu, Anda juga tidak disarankan untuk mengkonsumsi terlalu banyak alkohol karena kadar gula yang banyak tersebut dapat memberikan kualitas buruk dalam tubuh, khususnya pada bagian jantung.

Jauhkan Gadget dan ponsel saat menjelang tidur

Anda disarankan untuk tidak memainkan ponsel atau gadget ketika memasuki waktu tidur. Meskipun terlihat sulit, namun kebiasaan ini harus dihilangkan karena cara ini merupakan salah satu cara mengatasi insomnia secara alami dan efektif. Hal ini dikarenakan cahaya yang dipancarkan ponsel bersifat merangsang otak dan akan membuat Anda menjadi susah terlelap.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara mengatasi insomnia secara alami dan efektif. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima kasih.

Cara Mengatasi Insomnia Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment