Thursday, April 18, 2019

Manfaat Lari Pagi Bagi Kesehatan

Manfaat Lari Pagi Bagi Kesehatan - Selamat bergabung kembali bersama kami di website Kesehatan resmi yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar dunia kesehatan dan pengobatan herbal. Adapun pada kesempatan kali ini kami akan menyajika informasi mengenai manfaat lari pagi bagi kesehatan. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

Manfaat Lari Pagi Bagi Kesehatan


Bangun dipagi hari dan pergilah ke luar rumah, tentunya kita akan merasakan sejuknya udara pagi. Udara di pagi hari tentunya masih segar dan belum tercemari oleh asap kendaraan. Waktu inilah yang sangat cocok untuk Anda menjalankan olahraga seperti lari pagi. Anda bisa mecari spot yang kondusif dan persiapkan perlengkapan pakaian.

Melakukan aktivitas di pagi hari semestinya sudah menjadi salah satu rutinitas kita. Hal ini dikarenakan banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari lari pagi bagi kesehatan. Berikut kami adalah beberapa manfaat lari pagi bagi kesehatan, diantaranya:

Menjaga Kesehatan Jantung

Ketika kita berlari, tidak hanya otot-otot kaki saja yang bekerja dan meningkatkan fungsinya, tetapi jantung juga akan giat dalam memompa darah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan oksigen bagi otot-otot yang digunakan untuk berlari. Jika Anda sering melakukan lari pagi dan menjadikannya sebagai rutinitas, maka jantung akan terlatih untuk terus bekerja dengan baik sehingga statusnya menjadi lebih sehat dibandingkan jantung yang tidak terlatih.

Otot Menjadi Kuat dan Sehat

Otot merupakan bagian tubuh yang apabila semakin dipicu dengan taraf tertentu maka akan semakin meningkat kemampuannya. Dan ketika otot kaki digunakan untuk lari pago, maka ia akan beradaptasi dan membentuk massa yang lebih padat serta lebih banyak cadangan energinya. Namun perlu Anda ketahui juga, jika rutinitas lari pagi ini tidak dilanjutkan maka otot akan kembali seperti semula.

Mengatasi Hipertensi

Lari pagi ternyata memiliki manfaat yakni untuk melancarkan peredaran darah. Gerakan lari pagi yang santai terbilang cukup proposional untuk menjaga pola detak jantung. Sehingga jika sudah demikian, maka tekanan darah menjadi lebih normal dan detak jantung menjadi teratur.

Sehingga bagi Anda yang mengalami hipertensi atau darah tinggi, maka Anda sangat dianjurkan untuk melakukan olahraga seperti lari pagi.

Menyehatkan Paru-paru

Udara terbersih dengan kandungan oksigen tertinggi adalah pada waktu pagi hari, saat kita lari pagi otomatis kita akan mendapatkan udara yang bersih. Terlebih jika kita berlari, maka tubuh akan mendapatkan banyak asupan oksigen yang tentunya akan menyehatkan paru-paru. Hal ini tentu saja akan membuat paru-paru menjadi lebih sehat.

Mengatasi Sembelit

Tidak hanya menyehatkan jantung, lari pagi juga bermanfaat untuk kesehatan organ pencernaan. Gerakan otot-otot saat berlari juga akan menggeraakn otot-otot bagian perut dan juga memacu pergerakan usus. Hal ini tentu saja sangat baik bagi mereka yang sedang mengalami susah buang air besar.

Membakar Kalori

Tubuh kita memiliki cadangan energi berupa glikogen di otot, hati, dan juga lemak. Semua itu diperoleh melalui makanan. Jika tidak digunakan, energi berlebih ini akan menjadi lemak. Itulah alasan seseorang menjadi gemuk.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat lari pagi bagi kesehatan. Semoga informasi diatas dapat  bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

Manfaat Lari Pagi Bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment