Friday, April 12, 2019

Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami

Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami - Selamat bergabung kembali bersama kami di website Kesehatan resmi yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar dunia kesehatan dan pengobatan herbal. Adapun pada kesempatan kali ini kami akan menyajika informasi mengenai cara mengobati sakit gigi secara alami. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini

Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami



Setiap orang pasti pernah mengalami sakit gigi baik itu anak kecil ataupun orang dewasa. Bukan cuma menyebabkan ngilu saat makan, sakit gigi juga bisa sampai menyebabkan sakit kepala dan badan terasa meriang. Nah, untuk mengatasinya kami disini akan berbagai tips cara mengobati sakit gigi secara alami seperti berikut ini.

Kumur Dengan Air Garam

Cara mengobati sakit gigi secara alami yang pertaman adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Cara membuat ramuannya pun cukup mudah, larutkan 1/2 sdt garam ke dalam satu gelas air hangat (240 ml). Kumur dalam mulut selama beberapa saat, konsentrasikan pada area yang sakit. Kemudian buang air bekas kumuran tersebut.

Garam nantinya akan menyerap kelembapan dalam mulut yang akan membantu membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Air garam juga akan membantu mengurangi peradangan akibat infeksi. Sebelum berkumur, Anda bisa flossing lebih dulu untuk mengeluarkan sisa makanan yang terselip di sekitar gigi yang sakit.

Kunyah Bawang Putih

Jika ngilu yang Anda rasakan tidak seberapa, Anda bisa memanfaatkan bawang merah dan bawang putih untuk mengobati sakit gigi secara alami. Perlu Anda ketahui bahwa kedua bawang ini memiliki sifat antiseptik dan antimikroba yang berfungsi untuk membunuh kuman penyebab sakit gigi sekaligus mengendalikan rasa nyerinya.

Adapun cara mengobati sakit gigi dengan bawang merah adalah dengan langsung mengunyahnya. Anda bisa mengunyah bawang merah selama beberapa menit di sisi mulut yang nyut-nyutan. Saat terkoyak oleh gigi, bawang ini akan melepaskan allicin yakni zat berminyak yang berfungsi untuk membunuh bakteri.

Kompres Es

Cara mengobat sakit gigi secara alami yang selanjutnya adalah dengan menggunakan kompres es. Masukan beberapa bongkah es dalam plastik kemudian lapisi dengan waslap tipis. Tempelkan kompres pada bagian pipi yang terasa sakit selama 15 menit. Anda juga bisa menempelkan kompres langsung pada permukaan gigi yang terasa ngilu. Cara ini sangatlah efektif untuk membuat saraf gigi kebas sehingga ngilu tak lagi terasa.

Berkumur Dengan Cuka

Selain berkumur dengan garam, Anda juga bisa berkumur dengan cuka. Cuka dapur dan cuka apel mengandung sifat antibakteri dan antimikroba yang sangat ampuh untuk membunuh kuman penyebab sakit gigi. Namun Anda tidak disarankan berkumur dengan cuka murni. Asam dari cuka ini dipercaya dapat merusak lapisan enamel gigi jika terpapar langsung. Maka larutkan 1/2 sdt cuka ke dalam segelas air hangat. Kumur dan tahan di daerah gigi yang sakit selama kurang lebih 30 detik. Setelah itu segera buang.

Daun Jambu

Anda juga bisa memanfaakan daun jambu untuk mengobati sakit gigi. Daun jambu memiliki sifat antiradang, antimikroba dan sekaligus pereda nyeri (anlgesik) yang bisa Anda jadikan sebagai cara mengobati sakit gigi dirumah.

Adapun cara membuat ramuannya yaitu lipat atau gulung 1-2 lembar daun jambu, kemudian kunyah sampai ekstral airnya keluar. Setelah itu "Tangkap" sari tersebut dengan lidah Anda dan oleskan pada are gigi yang sakit.

Sekian informasi yang dapat kami samapikan menganai cara mengobati sakit gigi secara alami. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment