Thursday, April 4, 2019

Kenapa Kulit Bisa Kering dan Kehilangan Kelembapan?

Kehilangan kelembapan kulit merupakan salah satu penyebab penuaan pada kulit. Meskipun tidak secara langsung mengubah kondisi kulit, namun dengan berkurangnya kelembapan kulit akan menampilkan garis-garis halus dan keriput dan juga akan membuat seseorang tampak lebih tua. Kenapa kulit bisa mengalami hal seperti ini? Cari tahu jawabannya berikut ini.

Apa Yang Menyebabkan Kulit Kehilangan Kelembapan?


Hilangnya kelembapan pada kulit bisa disebabkan karena pertambahan usia dan kulit dehidrasi. Seiring bertambahnya usia, fungsi kelenjar kulit akan menurun sehingga menghasilkan kadar lipid alami yang lebih rendah. Selain itu, tingkat ceramide (senyawa alami yang ada di lapisan luar kulit) juga akan berkurang seiring bertambahnya usia. Hal ini tentu akan mempengaruhi kapasitas pengikatan air pada lapisan kulit.

Kulit yang mengalami dehidrasi berarti kekurangan kadar air. Perlu Anda ketahui jika kulitt dehidrasi akan mengganggu fungsi kulit norml, sehingga akan menghasilkan sel-sel kulit yang tidak merata dan menumpuk di permukaan kulit, sehingga kulit tampak kasar dan kusam.

Kelembapan kulitlah yang akan mempertahankan elastisitas stratun korneum (lapisan atau sel kulit), terbuat dari sel kulit mati. Sel ini mengambil air dari faktor pelembap alami, asam amino, dan molekul yang menyerap air dari udara dan menguncinya.

Tips Menjaga Kelembapan Kulit

Kelembapan kulit akan tetap terjaga dengan baik jika Anda mengatur pola hidup lebih sehat dan memerhatikan kesehatan kulit Anda. Mengisi hidrasi tubuh dengan memperbanyak minum air merupakan salah satu cara untuk mencegah terjadinya dehidrasi kulit dan kehilangan kelembapan kulit.

Berikut adalah gaya hidup dan perbahan pola makan yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kelembapan kulit.

  • Berhenti merokok
  • Batasi minum alkohol
  • Olahraga secara teratur
  • Batasi meminum kopi dan sumber kafein lainnya
  • Segera isi ulang cairan tubuh setelah olaharaga
  • Tidur dan istirhat yang cukup
  • Konsumsi makanan nabati seperti buah-buaha, sayur-sayuran dan kacang-kacangan.


Hilangnya kelembapan kulit dapat membuat kulit menjadi kering. Dan untuk menghindari hal ini, Anda juga bisa mengoleskan pelembap kulit yang cocok untuk kulit Anda.

Itulah informasi mengenai kulit kering dan hilangnya kelembapan beserta tips menjaga kelembapan kulit yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

Kenapa Kulit Bisa Kering dan Kehilangan Kelembapan? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment