Wednesday, April 17, 2019

Efek Samping Buah Plum

Efek Samping Buah Plum - Selamat bergabung kembali bersama kami di website Kesehatan resmi yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar dunia kesehatan dan pengobatan herbal. Adapun pada kesempatan kali ini kami akan menyajika informasi mengenai efek samping buah plum. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

Efek Samping Buah Plum


Selain memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan, buah plum juga memiliki efek samping yang kurang baik bagi tubuh. Dan berikut adalah beberapa efek samping buah plum bagi tubuh jika konsumsi secara berlebihan, diantaranya:

Menambah Berat Badan

Perlu Anda ketahui jika 1 porsi dari 6 buah plum yang belum di masak atau diolah mengandung 137 kalori dan 22 gram gula. Satu porsi jus plum mengandung 185 kalori. Meskipun manfaat buah plum hitam untuk diet ini sangat bermanfaat karena mengandung serat, namun jika mengkonsumsi plum secar berlebihan dapat menyebabkan efek sebaliknya.

Selain itu, plum juga memiliki beban glikemik yang sangat tinggi (beberapa makanan tertentu dapat meningkatkan kadar glukosa seseorang setelah konsumsi). Hal ini berarti mengkonsumsi buah plum secara berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah lebih dari sebagian besar buah lainnya.

Menyebabkan Ketergantungan Laksatif

Kebanyakan orang sering menggunakan buah plum ini sebagai obat pencahar yang menjengkelkan. Namun, mereka yang menderita sembelit tidak harus bergantung pada plum sepenuhnya untuk membersihkan sistem pencernaan. Hal ini tentu saja dapat menyebabkan ketergantungan pencahat setelah periode tertentu dari penggunaan, yang dapat memperburuk kondisi dan menyebabkan komplikasi.

Menyebabkan Gas Usus dan Kembung

Buah plum mengandung karbohidrat kompleks dan gula yang tidak sepenuhnya rusak di saluran pencernaan. Jadi, ketika gula mencapai usus besar, maka bakteri mulai memberi makan pada karbohidrat yang tidak dicerna.

Buah Plum Dapat Menyebabkan Diare

Serat tidak larut dalam buah plum dapat menyebabkan atau memperburuk diare. Inilah sebabnya mengapa Anda harus menghindari konsumsi buah plum ketika mengalami diare. Plum adalah obat pencahar alami yang mengandung senyawa pencahar yang disebut sorbitol. Jadi, dosis yang tidak diatur atau terlalu banyak makan buah ini dapat dengan mudah menyebabkan diare.

Bahaya Akrilamida

Buah plum mengandung konsentrasi tinggi akrilamida yang dianggap sebagai karsinogen dan neurotoxin. Akrilamida ini tidak secara alami ditemukan dalam makanan normal, kecuali jika dimasak pada suhu diatas 100' C.

Menurut FAO, jumlah akrilamida yang diperlukan untuk menyebabkan kerusakan neuropati adalah sekitar 500 kali asupan makanan sehari-hari. Jadi, mengkonsumsi buah plum relatif sangat aman asalkan kita tidak berlebihan mengkonsumsinya.

Menyebabkan Feses Gelap

Buah plum sangat kaya akan kandungan zat besi, seperti kebanyakan makanan yang kaya akan zat besi lainnya yang dapat menyebabkan feses atau kotoran berwarna gelap. Hal ini juga terjadi jika Anda mengkonsumsi buah plum dalam jumlah yang berlebih.

Buah plum memang mempunyai efek samping yang harus diwaspadai, namun Anda masih bisa mengkonsumsinya dalam jumlah yang sedang. Ingat jangan berlebihan karena pada dasarnya sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai efek samping buah plum. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

Efek Samping Buah Plum Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

1 comments:


  1. bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...

    ReplyDelete