Wednesday, April 17, 2019

Manfaat Belimbing Bagi Kesehatan

Manfaat Belimbing Bagi Kesehatan - Selamat bergabung kembali bersama kami di website Kesehatan resmi yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar dunia kesehatan dan pengobatan herbal. Adapun pada kesempatan kali ini kami akan menyajika informasi mengenai manfaat belimbing bagi kesehatan. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

Manfaat Belimbing Bagi Kesehatan


Belimbing merupakan salah satu buah yang berasal dari wilayah yang  beriklim tropis. Bauhnya berwarna kekuningan bila sudah matang dan buahnya berbentu seperti bintang. Rasa dari buah ini sangatlah menyegarkan, sehingga buah ini sering diolah menjadi berbagai macam resep masakan. Selain dari rasanya yang enak, buah belimbing juga memiliki khasiat dan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan.

Berikut adalah manfaat belimbing bagi kesehatan, diantaranya:

Mencegah Kanker

Belimbing merupakan buah yang memiliki kandungan vitamin C, yang mana kandungan ini dapat mencegah tubuh dari serangan gejala kanker. Kandungan vitamin C dalam buah belimbing ini cukup besar. Vitamin C adalah antioksidan alami yang sangat kuat. Sekitar 100 g buah belimbing akan memberikan 34,7 mg atau sekitar 57% asupan vitamin C yang akan membantu tubuh manusia mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi, radikal bebas dan anti inflamasi bagi tubuh.

Menyehatkan Pencernaan

Buah dan kulit belimbing akan memberikan pasokan serat makanan. Serat ini dapat membantu mencegah penyerapan kolstrol LDL pada makanan dalam usus. Selain itu, serat juga akan membantu melindungi selaput lendir usus dari paparan zat beracun dengan mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus besar. Kandungan serat dalam belimbing ini akan membuat pencernaan lebih sehat dan menghindari diri dari resiko gejala kanker usus.

Meningkatkan Kerja Enzim

Belimbing merupakan sumber vitamin B kompleks yang terdiri dari riboflavin, folat, dan piridoksin (vitamin B-6). Secara bersamaan, vitamin ini dapat membantu sebagai co-factor enzim dalam metabolisme serta mendukung berbagai fungsi sintetis enzim di dalam tubuh.

Mengurangi Kolestrol Jahat

Belimbing memiliki kandungan zat pektin yang dapat mengurangi kolestrol dalam darah. Pektin ini mengikat kolestrol dan mengeluarkan asam empedu pada sekresinya. Hal ini tentu sangat baik bagi penderita gejala diabetes.

Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Belimbing juga mengandung sejumah minerak dan elektrolit seperti fosfor, kalium, seng, dan besi. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang dapat membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah. Oleh sebab itu tubuh akan menekan pengaruh buruk dari sodium. Penyembuhan hipertensi banyak dilakukan dengan terapi berlimbing yaitu dengan cara rutin mengkonsumsi belimbing secara rutin.

Kaya Antioksidan

Belimbing sangat kaya akan kandungan antioksidan seperti flavonoid polifenol. Beberapa jenis flavonoid yang penting termasuk epicatechin, quercein, dan asam galat. Total polifenol dalam buah ini bisa mencapai 43 mg / 100 g. Senyawa ini dapat membantu melindungi dari efek kerusakan akibat radikal bebas.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat belimbing  bagi kesehatan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

Manfaat Belimbing Bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment